Timnas Indonesia

Persib dan Asprov Jabar Bantu Proses Seleksi Pemain Timnas U-17 di Bandung



NOBARTV NEWS – Bima Sakti bergelirya mencari pemain berbakat untuk menjadi bagian dari skuad Timnas U-17. Kemarin, Asprov Jabar dan klub Liga 1 Persib Bandung turut membantu proses penyeleksian tersebut.

Seperti yang diketahui, sejak Senin 10 Juli kemarin, PSSI sudah memulai proses pemusatan latihan yang diikuti oleh beberapa punggawa U-17. Dalam pemusatan latihan itu, PSSI memanggil 34 pemain untuk turut serta. Menariknya, dalam daftar 34 pemain tersebut, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan.

TC hari Senin itu dilakukan di Stadion Madya Senayan Jakarta. Dua hari berselang atau pada tanggal 12 Juli hari Rabu kemarin, staf kepelatihan Timnas Indonesia U-17 pindah ke Jawa Barat. Bertempat di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, Bima Sakti dan stafnya melakukan seleksi hari pertama dari 10 kota yang akan dikunjunginya.

Proses (seleksi) ini diikuti oleh ratusan pesepakbola muda Jawa Barat. Pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti ikut berperan dalam penyeleksian itu. Ia dibantu oleh seniornya yakni Indra Sjafri. Indra, meksipun ia bertugas sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20, namun pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu diminta untuk ikut membantu Bima.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Selain duo pelatih Timnas Indonesia itu, proses seleksi juga dibantu oleh Asprov (PSSI) Jawa Barat dan klub lokal Persib Bandung.

“Kami alhamdulillah seleksi pertama di 10 kota ini diawali di Bandung. Kami bekerja sama dengan klub Persib dan dibantu Asprov Jabar serta dibantu tim scouting nya oleh coach Indra,” kata Bima Sakti.

Seleksi pemain tersebut tidak hanya untuk daerah-daerah di Pulau Jawa saja, namun Bima akan bergelirya dari ujung barat Indonesia (Sabang) hingga ujung timur di pulau Papua (Merauke).

“Ini dari Sabang sampai Merauke, tapi ini 10 kota yang akan kunjungi. Kami akan memilih pemain yang terbaik sesuai dengan kriteria yang sudah kami tentukan,” ucapnya memungkasi.

Menariknya, dalam seleksi pemain kemarin, Presiden RI Joko Widodo tampak hadir di tengah-tengah mereka. Ia ditemani oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum Zainudin Amali, Menpora RI Dito Ariotedjo, hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Di kesempatan itu pula, Jokowi memberikan tantangan kepada PSSI untuk setidaknya mampu meloloskan Timnas Indonesia U-17 hingga partai final 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Erick Thohir lewat laman resmi PSSI.

“Tadi Presiden meminta (Timnas Indonesia U-17) lolos ke final (Piala Dunia U-17 2023). Itu target tertinggi,” kata Erick Thohir.

“Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik. Kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain Timnas Indonesia U-17,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment