Timnas Indonesia

Sudah Dievaluasi, PSSI Minta STY Kerja Lebih Baik Lagi



NOBARTV NEWS – Para petinggi PSSI seperti Exco hingga Ketua Umum telah mendapatkan hasil evaluasi terkait kinerja Shin Tae-yong di 2022 kemarin. Setelah menerima laporan tersebut, PSSI meminta sang pelatih untuk lebih kerja keras lagi.

Diketahui, beberapa waktu lalu, memetik hasil buruk di Piala AFF 2022. Langkah Marc Klok dkk terhenti di babak semifinal. Mereka gagal memenuhi target juara yang sudah ditetapkan sejak awal. Bahkan, catatan tersebut jauh lebih buruk dibandingkan dengan Piala AFF edisi sebelumnya.

Di edisi 2020 kemarin, Timnas Indonesia mampu menembus babak final. Ya, meskipun pada akhirnya mereka tetap gagal mencetak sejarah dengan menjuarai even tersebut untuk pertama kalinya, namun prestasi tersebut jelas lebih baik daripada edisi kemarin (2022).

Usai kegagalan tersebut, Departemen Teknik yang diketuai oleh Direktur Indra Sjafri melakukan evaluasi dengan Shin Tae-yong. Satu hari berselang, usai eveluasi tersebut, Shin pamit pulang ke Korea Selatan sedangkan Indra Sjafri menyerahkan hasil evaluasi kepada para petinggi PSSI.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dan kemarin (30/01), bertepatan dengan rapat terkait penentuan pelatih pengganti STY di SEA Games 2023, juga dilakukan rapat terhadap kinerja Shin Tae-yong tersebut. Hasil rapat itu menyebutkan Shin harus lebih bekerja keras lagi. Meski kontrak sang pelatih masih aman, namun ia dituntut untuk berjuang lagi karena di depan Timnas Indonesia akan tampil di berbagai ajang penting. Sebut saja seperti Piala Asia U-20 dan 2023 yang akan digelar tak lebih dari enam bulan lagi ini.

“PSSI meminta pelatih Shin Tae-yong untuk bekerja lebih baik di kompetisi yang akan, mengingat timnas akan menghadapi kompetisi-kompetisi penting di sepanjang tahun,” kata Sekertaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

“Utamanya bukan hanya skuat senior, namun juga tim U-19 yang tahun ini akan menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia U-20,” ujarnya menambahkan.

Adapun terkait pengganti Shin di SEA Games 2023 mendatang, PSSI telah memutuskan Indra Sjafri yang akan menahkodai skuad Timnas U-23 di ajang tersebut. Indra sebelumnya sudah pernah menukangi Timnas Indonesia di even yang sama yakni SEA Games 2019 di Filipina. Saat itu, Timnas Indonesia menjadi runner-up di bawah Timnas Vietnam. Adapun di SEA Games 2021 di Vietnam, Shin Tae-yong hanya mampu membawa skuad Garuda finis di peringkat ketiga. Skuad asuhan Shin kalah di semifinal atas Timnas Thailand namun menang meyakinkan atas Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Meski Shin sering disebut gagal karena belum bisa membawa Timnas Indonesia sebagai juara, baik itu di dua edisi Piala AFF dan juga SEA Games 2021, namun pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu telah mencatatkan prestasi membanggakan. Ia menjadi pelatih pertama yang sukses membawa dua kelompok umur untuk mentas di dua even bergengsi. Shin sukses membawa Hokky Caraka dkk mentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan juga berhasil membawa Timnas senior ke Piala Asia 2023 di Qatar.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

14 Comments