Timnas Indonesia

Hari Pertama Latihan, STY Keluhkan Kondisi Fisik Punggawa Timnas U-19



Hari Pertama Latihan, STY Keluhkan Kondisi Fisik Punggawa Timnas U-19
Shin Tae-Yong memberikan instruksi di sesi latihan Timnas U-19

NOBARTV NEWS – Jelang bergulirnya U-19, Shin Tae-Yong pimpin langsung sesi latihan skuad Garuda muda. Sejauh ini, pelatih asal Korea Selatan itu mengeluhkan kondisi fisik para pemainnya.

Sebelum ini (pemusatan latihan), Timnas U-19 mengikuti turnamen mini di Prancis. Turnamen yang diberi nama Piala Toulun 2022 itu mengeluarkan Timnas U-19 sebagai peringkat ke-10 dari 12 peserta.

Timnas U-19 terpaksa menelan kekalahan atas Timnas Aljazair di perebutan peringkat ke-sembilan. Di fase grup, berada di posisi ketiga di bawah Timnas Venezuela dan Meksiko. Sedangkan di posisi keempat diisi oleh tim asal Afrika, Ghana.

Dari tiga kali bertanding (fase grup Piala Toulun 2022), Timnas Indonesia hanya mampu menorehkan satu kali kemenangan atas Timnas Ghana. Sisanya, Timnas Indonesia kalah tipis 1 – 0 dari Venezuela dan Meksiko 2 – 0.

Baca Juga:  STY Panggil 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia Juni Mendatang

Kini, mereka telah kembali ke Indonesia dan akan mengikuti turnamen Piala AFF U-19. Diselenggarakan di Indonesia, Shin Tae-Yong berkesempatan memimpin mereka usai menangani Timnas senior di .

Berdasarkan pengamatan Shin Tae-Yong sejauh ini, kondisi fisik anak asuhnya itu menurun usai mengikuti Piala Toulun tersebut.

“Habis Toulon Cup, para pemain kondisi fisiknya kurang baik,” tutur Shin Tae-Yong.

“Jadi sekarang (hari ini) fokus untuk meningkatkan fisik para pemain, sekaligus meningkatkan sentuhan bola mereka,” tambah Shin Tae-Yong.

Meski demikian, Shin Tae-Yong tetap menargetkan hasil maksimal di turnamen Piala AFF U-19 nanti. Shin Tae-Yong ingin Garuda muda keluar sebagai juara.

“Dalam (masa) persiapan sangat baik. Jadi target kami juara karena main di kandang,” tutup Shin Tae-Yong.

Di edisi sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 terhenti di partai semifinal setelah kalah dari Timnas Malaysia 4 – 3. Di edisi tersebut, Timnas Australia keluar sebagai juara.

Baca Juga:  Exco PSSI Jelaskan Alasan Lawan Tanzania di Laga Uji Coba

Adapun Piala AFF U-19 tahun ini akan diselenggarakan di dua tempat yakni di Bekasi dan Jakarta – serta akan dimulai sejak tanggal 5 Juli hingga 15 Juli mendatang.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid