Piala AFF

3 Faktor Penting Garuda Asia Bakal Menangkan Gelar Kedua Piala AFF U-16

TOPIK BERITA :


3 Faktor Penting Garuda Asia Bakal Menangkan Gelar Kedua Piala AFF U-16
Garuda Asia di laga semifinal U-16

NOBARTV NEWS – Malam ini, Garuda Asia akan menjalani final ketiga mereka di ajang Piala AFF U-16. Sedangkan bagi Vietnam, final ini merupakan kali kelima bagi skuad The Golden Stars itu mencapai babak final. Untuk edisi final kali ini (Piala AFF U-16 2022), Garuda Asia diprediksi akan memenangkan laga karena beberapa hal. Apa saja itu?

Laga penentuan ini akan dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada pukul 20.00 WIB. Jika skuad Bima Sakti mampu memenangkan laga, maka Garuda Asia akan mengemas trofi keduanya sepanjang sejarah. Sedangkan untuk Vietnam, jika skuad berjuluk The Golden Stars itu mampu melumpuhkan Indonesia, maka ini akan menjadi trofi keempat mereka.

Lalu apa saja faktor yang membuat Garuda Asia bakal memenangkan laga final Piala AFF U-16?

1. Bermain di Kandang

Turnamen Piala AFF U-16 dihelat di Indonesia dan menggunakan dua stadion sebagai tempat berlangsungnya laga dari babak grup hingga final. Dengan demikian, pendukung Garuda Asia dipastikan akan memadati stadion ketika melawan Vietnam nanti. Terlebih ini merupakan laga final, maka suporter dipastikan berhamburan menuju stadion.

Terkait hal ini, pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan menyebut suporter Indonesia membuat timnya merasa diteror. Ia bahkan harus mengantisipasi anak asuhnya agar tidak kena mental di laga nanti.

Selain itu, ia meminta secara khusus kepada PSSI agar para pemain dan staf dilindungi ketika berada di dalam stadion. Nguyen Quoc Tuan sadar betapa liar dan militannya semangat para suporter Timnas Indonesia.

“Dalam pertemuan sebelumnya, penonton memberikan banyak tekanan pada pemain kami. Semoga penyelenggara akan memastikan keamanan di belakang gawang untuk Vietnam U16,” ujar Nguyen Quoc Tuan

“Tentunya kami harus mempersiapkan mental para pemain setiap saat, terutama di setiap awal babak,” tutupnya.

2. Garuda Asia Pernah Pecundangi Vietnam di Fase Grup Piala AFF U-16

Sebelum final Piala AFF U-16 ini berlangsung, Garuda Asia dan Golden Stars pernah berjumpa di babak grup beberapa waktu lalu. Saat itu, Nabil Asyura dkk sempat tertinggal terlebih dahulu – namun tak berselang lama, Timnas Indonesia U-16 bangkit berkat dua gol balasan dari Arkhan Kaka dan Nabil Asyura.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia finis sebagai juara grup sedangkan Vietnam berpuas diri sebagai runner-up. Hal itu bisa menjadi penyemangat bagi skuad Garuda Asia untuk meraih kemenangan keduanya atas Vietnam.

3. Dua Pemain Andalan Vietnam Diprediksi Absen

Skuad The Golden Stars diprediksi tidak akan turun dengan skuad komplitnya. Hal itu disebabkan karena sang kiper andalan, Pham Dinh Hai alami cidera ketika Vietnam berjumpa Thailand di babak semifinal kemarin. Selain dirinya, striker Vietnam, Hoang Cong Hau juga akan absen karena mendapatkan kartu merah di laga sebelumnya.

Namun berdasarkan rilis terbaru dari VFF (Federasi Sepakbola Vietnam), kiper Vietnam, Pham Dinh Hai disebut telah pulih dari cideranya tersebut.

“Kabar baik bagi tim Vietnam U-16 ketika kiper Pham Dinh Hai bisa berlatih secara normal dengan seluruh tim. Sebelumnya pada laga semifinal melawan Thailand U-16 pada 10 Agustus lalu, Dinh Hai mengalami cedera pada otot paha kirinya,” tulis VFF.

Meski pada akhirnya nanti sang kiper turun sejak menit pertama, namun Timnas Indonesia tetap diunggulkan karena striker mereka dipastikan tetap absen dalam laga nanti.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment