Timnas Indonesia

FIFA Cek Venue Piala Dunia U-17 pada Akhir Juli



NOBARTV NEWS – FIFA akan segera mengecek venue untuk even 2023.

Seperti yang diketahui, akan bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 2023. Dengan demikian, maka pemerintah setempat termasuk dengan PSSI wajib untuk memenuhi persyaratan untuk menjadi tuan rumah di even sekelas Piala Dunia U-17 tersebut.

Dari segi infrastruktur, PSSI dan Pemerintah RI – dalam hal ini Kementerian PUPR sudah menyiapkan 8 stadion yang akan digunakan. Menariknya, dalam daftar 8 stadion tersebut, 6 di antaranya merupakan stadion yang awalnya dipersiapkan sebagai venue 2023.

Ya, sebelum ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, sebelumnya, Indonesia juga berstatus sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Dari segi infrastruktur, PSSI dan Pemerintah RI sudah menyiapkannya dengan sempurna. Bahkan, para pemain sudah diberikan pelatihan ekstra keras dari tahun-tahun sebelumnya. Namun sayangnya, menjelang drawing Piala Dunia U-20 akan dilakukan, FIFA sempat menunda pelaksanaannya. Ujungnya adalah FIFA membatalkan status tuan rumah untuk Indonesia – lantas menggantikannya dengan Argentina.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Enam stadion yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 itu pun tak digunakan. Para pemain yang sudah disiapkan jauh-jauh juga ikut dibubarkan.

Namun beruntungnya, beberapa bulan setelahnya, Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah untuk ajang lainnya seperti yang disebutkan di awal tadi. Mirip dengan kejadian sebelumnya, kali ini Indonesia bertindak sebagai pengganti Peru sebagai tuan rumah. Ya, pada awalnya Peru diminta sebagai tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 tersebut. Tapi karena berbagai persoalan yang melanda mereka, Peru pun membatalkan diri lantas menunjuk Indonesia sebagai pengganti.

Nasib mujur pun tiba, enam stadion yang awalnya dipersiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 waktu kembali diajukan PSSI sebagai venue untuk Piala Dunia U-17. Bahkan, PSSI memasukkan dua stadion lainnya untuk menjadi stadion tambahan. Enam stadion awal yang sudah dipersiapkan adalah Stadion Gelora Bung Karno Jakarta Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion I Wayan Dipta Bali. Adapun dua stadion tambahan itu adalah Pakansari Bogor dan Jakarta Internasional Stadium.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Dan kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut FIFA akan datang ke Indonesia untuk menginspeksi stadion-stadion tersebut pada akhir bulan Juli ini.

“Rencana kalau tidak ada perubahan, mereka akan datang sekitar tanggal 28 Juli, tapi kita tunggu, ini baru informasi awal,” kata Erick Thohir.

“Mereka akan fokus kepada pitch, lapangan, akomodasi, venue management yaitu akses mereka akan nilai, team service,” ucap Erick menambahkan.

“Jadi bagaimana logistik pindah tempat di babak-babak ini, mudah-mudahan kalau tidak ada perubahan 28 Juli,” tandasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid