Timnas Indonesia

Beberapa Klub Korea Minta Rekomendasi Pemain Indonesia pada Asisten STY



NOBARTV NEWS – Asisten STY yakni Yoo Jae-hoon membuat gempar sepakbola tanah air. Eks pemain Persipura Jayapura itu menyebut dirinya dimintai rekomendasi pemain Indonesia yang berbakat oleh beberapa klub Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, untuk saat ini, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang sedang meniti karier di Selatan. Bahkan, kebersamaan Asnawi di negeri ginseng itu sudah cukup lama.

Mantan pemain PSM Makassar itu pertama kali meniti kariernya bersama klub K League 2 yakni Ansan Greeners. Ansan sendiri berani mengontrak Asnawi yang saat itu belum memiliki nama besar karena rekomendasi dari sang pelatih Shin Tae-yong. Singkatnya, Shin meminta Ansan untuk merekrut sang pemain dengan jaminan bahwa ia akan tampil baik bersama klub berjuluk The Green Wolves itu.

Hingga akhirnya, Asnawi benar-benar pindah ke klub tersebut. Walaupun sempat kesulitan di awal-awal musim, Asnawi lambat laun menjadi pemain andalan di Ansan. Bahkan, ia mendapat sodoran kontrak baru oleh klubnya itu.

Namun secara mengejutkan, klub Korea Selatan lainnya Jeonnam Dragons berani menebus kapten itu. Dengan nilai transfer yang dirahasiakan, Asnawi resmi pindah ke Jeonnam Dragons.

Bersama Jeonnam Dragons pun Asnawi tampil cukup baik. Musim ini, pesepakbola dengan posisi fullback kanan ini menjadi andalan bagi timnya. Terbaru, Asnawi diturunkan sebagai starter ketika Jeonnam menjamu Ansan Greeners di lanjutan K League 2 akhir pekan kemarin.

Penampilan Asnawi tak cuma baik di level klub saja. Bulan Juni lalu, Asnawi tampil memukau ketika Timnas Indonesia menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam ajang FIFA Matchday 2023. Dalam beberapa momentum, penampilan Asnawi sangat disorot di laga tersebut.

Dan agaknya, berkat penampilan impresif Asnawi di Timnas Indonesia maupun klubnya – ditambah dengan koneksi sang pelatih Shin Tae-yong, beberapa klub Korea Selatan kini berani untuk menjajaki pemain Indonesia lainnya untuk direkrut. Meskipun sejauh ini baru nama Pratama Arhan saja yang dirumorkan sedang diminati oleh klub kasta tertinggi Liga Korea Suwon FC, namun ternyata tak sekadar klub itu saja yang menaruh perhatiannya (kepada pemain Indonesia).

Berdasarkan keterangan dari asisten Shin Tae-yong yakni Yoo Jae-hoon, beberapa klub Korea Selatan baik itu divisi utama maupun kedua sudah pernah meminta rekomendasi kepadanya. Klub-klub tersebut meminta rekomendasi dari Yoo Jae-hoon terkait pemain-pemain Indonesia yang berpotensi kuat untuk direkrut. Saat itu, Yoo Jae-hoon menyebut nama Arkhan Fikri. Arkhan merupakan punggawa Timnas Indonesia U-20 yang kini bermain untuk Arema FC.

“Saat ini, saya kan banyak terlibat di tim Indonesia U-20. Banyak pemain berbakat di sana. Arkhan Fikri juga bagus. Dia punya talenta besar. Ada Marselino juga tapi sudah bermain di luar negeri,” kata Yoo Jae-hoon.

“Sebenarnya, ada beberapa scout dari klub-klub liga Korea Selatan, baik K League atau K League 2, yang bertanya kepada saya adakah pemain yang direkomendasikan bermain di liga Korea Selatan. Waktu itu, saya rekomendasikan satu atau dua nama, tapi akhirnya nggak jadi. Nggak tahu itu karena masalah gaji atau apa. Saya juga nggak bisa sebut nama,” katanya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid