Timnas Indonesia

Ogah Remehkan Brunei, Seluruh Pemain Abroad Bakal Dipanggil ke Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS di waktu dekat ini akan tampil dalam ajang 2026 zona Asia. Skuad Garuda sendiri akan memulai partai tersebut dari Ronde 1 melawan Timnas Brunei Darussalam. Sadar akan pentingnya ajang ini, meskipun lawan mereka hanya sekelas Brunei, Shin Tae-yong akan memanggil seluruh pemain abroadnya.

Tak bisa dipungkiri, pemain abroad Timnas Indonesia masih menjadi pilihan utama di skuad Garuda saat ini. Tanpa kehadiran mereka, permainan skuad Timnas Indonesia kadang tidak sesuai yang diharapkan banyak orang.

Mereka – setiap kali bermain di Timnas Indonesia, selalu menjadi pilihan utama. Sebut saja seperti Jordi Amat. Bek tengah naturalisasi yang bermain di Johor Darul Takzim (Malaysia) ini menjadi pilihan utama di lini bertahan.

Sedangkan di posisi fullback kanan dan kiri, Asnawi Mangkualam Bahar (Korea Selatan) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy) selalu jadi pilihan utama. Belum ditambah dengan Marselino Ferdinan (Belgia) di lini depan. Bahkan, dua pemain abroad yang baru saja dinaturalisasi yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick langsung dipakai sebagai pemain inti tak lama setelah keduanya menyandang status WNI.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Di even terakhir yang diikuti oleh dua kelompok umur Timnas Indonesia, sebanyak 9 pemain abroad menjadi andalan di kubu yang dibelanya. Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam Bahar, Jordi Amat, dan Saddil Ramdani bermain di FIFA Matchday kontra Turkmenistan. Adapun lima pemain abroad lainnya seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott menjadi pemain inti di Kualifikasi 2024.

Atas dasar itulah, di ajang terdekat yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang, seluruh pemain abroad tersebut akan dipanggil semuanya. Shin sebagai nahkoda Timnas Indonesia enggan untuk meremehkan lawannya meskipun di atas kertas Brunei masih berada di bawah (kualitas) Indonesia. Oleh karenanya, dalam pertandingan leg 1 dan 2 kontra Brunei bulan ini, Shin akan memanggil 25 pemain – yang di mana 10 di antaranya merupakan pemain abroad tadi.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Hal tersebut dipertegas oleh asisten STY yakni Nova Arianto. Dalam keterangannya, seluruh pemain terbaik Timnas Indonesia akan mendapat panggilan. Secara tak langsung, Nova memberikan kabar kalau seluruh pemain keturunan itu akan turut bergabung.

“Semua pemain terbaik akan dipanggil,” kata Nova Arianto.

“Tunggu saja ya (nama-nama pemain),” pungkas pria yang juga mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Perlu diketahui, jika Timnas Indonesia berhasil mengandaskan Brunei Darussalam, maka mereka telah dinanti oleh tiga tim lain dalam grup F Ronde 2 Kualifikasi Piala Asia 2026 zona Asia. Tiga tim tersebut adalah Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid