Timnas Indonesia

Jokowi Terbang ke Arab Saudi, Jajaki Kemungkinan Jadi co-Host Piala Dunia 2034



NOBARTV NEWS – Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan Arab Saudi. Dikabarkan, untuk kunjungan kerjanya ke Arab Saudi itu, sang presiden juga akan membahas terkait kemungkinan Indonesia jadi co-Host Piala Dunia 2034.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Presiden RI Joko Widodo melalui media sosialnya mengunggah kegiatan yang akan dilakukan olehnya selama lima hari ke depan. Kunjungan tersebut diawali Jokowi dan rombongan ke Beijing China. Setelah dari Beijing, maka kunjungan kenegaraan tersebut akan dilanjutkan ke Riyadh Arab Saudi.

Khusus untuk ke Arab Saudi tersebut, Jokowi lewat media sosialnya menyebut dirinya akan bertemu dengan Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman. Dalam keterangan terakhirnya dari unggahannya itu jugs, Jokowi meminta segenap dukungan dari masyarakat Indonesia agar diberikan kemudahan serta kelancaran dalam perjalanan hingga kembali lagi ke tanah air.

Jokowi Terbang ke Arab Saudi, Jajaki Kemungkinan Jadi co-Host Piala Dunia 2034
Jokowi ketika menyaksikan aksi beberapa waktu lalu

Namun menariknya, untuk kunjungannya ke Arab Saudi tersebut, selain bertemu dengan pemimpin negara serta menghadiri KTT ke-3 Belt and Road Forum for International Cooperation, ternyata ada agenda lain yang juga tidak disebutkan olehnya. Agenda ‘lain' Jokowi itu diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

Kata Dito, Jokowi akan melakukan pembicaraan dengan pemimpin Arab Saudi terkait kemungkinannya menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034 mendatang. Terlebih, diketahui, untuk dua even berikutnya (Piala Dunia 2026 dan 2030), Piala Dunia untuk edisi tersebut beberapa negara akan menjadi tuan rumah sekaligus. Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia 2026. Begitupun dengan Piala Dunia 2030 yang diketahui menjadikan beberapa negara sekaligus sebagai tuan rumah seperti Maroko, Portugal, Spanyol, Uruguay, Argentina, dan Paraguay.

Jokowi Terbang ke Arab Saudi, Jajaki Kemungkinan Jadi co-Host Piala Dunia 2034
Jokowi ditemani ibu negara mendukung aksi Timnas Indonesia di 2026 di GBK

Atas dasar itu, Presiden tengah mencoba melakukan pembicaraan – yang barangkali lewat pertemuannya itu akan menghasilkan sesuatu hal yang baik bagi insan sepakbola tanah air.

Dito sendiri menyebut dirinya akan mendampingi Jokowi ke Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan tersebut.

“Kami lagi mengikuti perkembangannya. Memang positioning Indonesia itu yang Bapak Presiden inginkan, kita minimal bisa menjadi co-host,” kata Dito Ariotedjo dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Kami sudah sampaikan kita ingin sebagai co-host. Ini saya akan terbang ke Arab Saudi mendampingi Pak Presiden. [Piala Dunia] Salah satu topik yang akan dibicarakan putra mahkota Arab Saudi ke Pak Presiden,” tambah politisi muda dari partai Golongan Karya (Golkar) itu.

“Nanti akan kami update. Untuk komunikasi dengan Australia juga sudah berjalan. Komunikasi bersama negara-negara ASEAN pun berjalan. Intinya posisi Indonesia kita ingin sebagai co-host,” jelasnya memungkasi.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment