Timnas Indonesia

Pundit Sepakbola Vietnam Sebut Timnas Indonesia Akan Terpuruk Tanpa Kehadiran Shin Tae-yong

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ancaman Shin Tae-yong untuk mundur dari kursi kepelatihan tidak hanya menjadi konsumsi media luar negeri saja. Bahkan, pakar sepakbola Vietnam Vu Manh Hai juga ikut memberikan tanggapannya. Menurutnya, Timnas Indonesia bisa terpuruk tanpa kehadiran STY.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Shin sempat mengancam akan hengkang dari Timnas Indonesia jika Ketum PSSI Mochamad Iriawan mundur dari jabatannya. Hal itu Shin lakukan sebagai bentuk dukungannya kepada Ketua Umum yang mendatangkannya ke Indonesia pada tahun 2020 lalu itu. Dalam salah satu pernyataannya, STY blak-blakan menyebut Iriawan adalah sosok yang sangat penting bagi persepakbolaan tanah air.

Dukungan Shin tersebut menimbulkan pro dan kontra. Netizen yang merasa setuju kemudian membela sang pelatih. Begitupun dengan yang kontra. Mereka menaikkan tagar #STYOut di media sosial sebagai bentuk kekecewaannya.

Hal itu pun menjadi santapan empuk para media. Media Indonesia hingga Vietnam – bahkan Korea Selatan ikut memberitakannya. Dalam pernyataan para media, sebagian besar dari mereka merasa terkejut dengan sikap sang pelatih. Dan rupanya, pengamat sepakbola asal Vietnam Vu Manh juga turut menanggapi.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

“Baru-baru ini di Indonesia terjadi bencana besar yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Ketua PSSI mungkin harus mengundurkan diri sebagai bentuk tanggung jawab. Ini bisa dimaklumi karena kejadiannya terlalu besar,” buka Vu Manh Hai, kemarin.

“PSSI lah yang membawa Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI memiliki hubungan dekat satu sama lain. Ketika Ketua diminta mengundurkan diri, Shin mengeluarkan pernyataan membela dengan segala cara dari sisi kiri atau kanan,” ucapnya lagi.

Vu Manh Hai lalu mengungkit masa – di mana Shin Tae-Yong sempat menuding tim muda Vietnam dan Thailand bermain mata di ajang U-19 2022 kemarin.

“Shin Tae-yong terlalu emosional. Sebelumnya meski memiliki keahlian yang baik, ia juga menuding timnas U-19 Vietnam dan Thailand ‘bergandengan tangan' di Piala AFF 2022 lalu. Saat itu Ketum PSSI juga membela pandangan Shin, menciptakan kebisingan di kemudian hari. Sebagai seorang profesional itu tidak jujur.”

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Dalam pernyataannya lainnya, Vu Manh Hai menyebut STY berani membela ketua umum PSSI dikarenakan hubungan keduanya terlalu dekat. Bagi Vu, hal (kedekatan ketua federasi dengan pelatih) ini merupakan sesuatu yang tidak baik.

“Hubungan antara Shin dan Ketum PSSI sangat dekat. Itu sama sekali tidak baik untuk sepak bola Indonesia. Tidak peduli seberapa berjasanya dia, sulit bagi penggemar Indonesia untuk setuju dengannya jika ia terus melakukan hal-hal yang tidak benar. Penggemar Indonesia juga wapada mengetahui perbedaan antara benar dan salah.”

Dalam pernyataan penutupnya, Vu mengkalim skuad Garuda akan terpuruk jika Shin Tae-Yong tidak membersamai Timnas Indonesia lagi.

“Jika Shin pensiun, saya pikir sepak bola Indonesia akan terpuruk. Karena sepak bola Indonesia sangat mengikuti filosofi pelatih Shin Tae-yong. Tapi itu juga kemungkinan,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments