Timnas Indonesia

PSSI Bantah Incar Mano Polking untuk Gantikan STY sebagai Pelatih Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Ketidakpastian kontrak Shin Tae-yong hingga hari ini membuat berbagai rumor menyeruak di kalangan persepakbolaan tanah air. Setelah disebut bakal datangkan Park Hang-seo, PSSI kini dirumorkan ingin menggaet pelatih Timnas Thailand Mano Polking. Namun demikian, PSSI membantahnya.

Seperti yang diketahui, sejak beberapa minggu lalu, rumor terkait tidak diperpanjang kontrak Shin Tae-yong terus menerus menyeruak. Pasalnya, belum ada kejelasan terkait kontrak pelatih asal Korea Selatan yang disebut bakal berakhir pada 31 Desember 2023 itu.

Hanya saja, dari kacamata PSSI, sang Ketua Umum yakni Erick Thohir pernah menyampaikan hal terkait kontrak tersebut. Tidak ada kata ‘perpanjangan' kontrak yang disampaikan olehnya. Hanya ada kata ‘diskusi' yang ingin ia lakukan dengan sang pelatih.

Jadi, Erick ingin bertemu dengan Shin Tae-yong terkait masalah kontrak. Dan kabarnya, Shin Tae-yong bakal diberikan target untuk kemudian dinilai apakah dirinya berhak untuk mendapatkan sodoran kontrak baru atau tidak. Jika target tersebut dipenuhinya, maka STY akan mendapatkan perpanjangan kontrak. Namun jika tidak, maka kontrak tersebut kemungkinan tidak akan dilanjutkan lagi.

Baca Juga:  Usai Maarten Paes, PSSI Kenalkan 2 Calon Pemain Naturalisasi Baru Timnas Indonesia, Siapa Saja?

“Saya mau pelajari kontraknya. Saya selama ini belum pegang kontraknya. Gajinya berapa, kontraknya berapa, saya enggak pernah baca. Tapi ini menjadi bagian, tentu kita melihat pembangunan tim nasional secara jangka panjang juga,” kata Erick Thohir beberapa waktu lalu.

Selama pertemuan tersebut belum dilakukan, PSSI tak henti-hentinya mendapati rumor dari berbagai macam penjuru. Sebelumnya, PSSI disebut-sebut mengajukan tawaran kepada eks pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo. Bahkan, kata rumor tersebut, PSSI sudah mengajukan tawaran menggiurkan untuk pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu.

Namun dengan tegas, Erick Thohir membantah rumor itu.

“Saya tidak pernah bicara dengan siapapun, demi Allah. Jadi saya tidak pernah bicara dengan pelatih siapapun sampai hari ini,” kata Erick Thohir pada Kamis 13 April kemarin.

Tak lebih dari satu minggu sejak rumor tersebut mencuat, PSSI kembali diterpa isu lainnya. Isu tersebut adalah PSSI dikaitkan dengan pelatih Timnas Thailand Mano Polking – yang diketahui kontraknya akan berakhir pada 31 Desember mendatang.

Baca Juga:  Dari Wasit Utama hingga VAR, Berikut 7 Perangkat Pertandingan Indonesia vs Irak

Rumor tersebut disampaikan oleh salah satu media asal Thailand Main Stand Internasional. Kata Main Stand, tak hanya saja, salah satu klub asal Liga Vietnam juga disebut meminati pelatih berkebangsaan Brasil itu.

“Sudah ada kontak dari tim nasional Indonesia. Tapi belum ada yang resmi dari mereka. Sementara itu, satu klub Liga Vietnam sudah mengajukan tawaran resmi kepada Mano, tetapi dia belum memutuskan apa pun,” rilis Main Stand.

Atas rumor yang lagi-lagi menyeruak itu, salah satu anggota Exco PSSI bersuara. Adalah Arya Sinulingga, anak buah Erick Thohir itu memastikan kalau PSSI tidak pernah menjalin komunikasi dengannya.

“Enggak pernah [menghubungi Polking],” terang Arya Sinulingga kepada salah satu media online CNN Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid