Timnas Indonesia

Kepada FIFA, Sandy Walsh Puji Habis Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Sandy Walsh kini resmi menjadi WNI. Kepada FIFA, ia menceritakan pengalamannya dilatih (di ) oleh Shin Tae-yong.

Diketahui, tidak hanya Sandy, Jordi Amat juga resmi menjadi WNI dan telah mendapatkan persetujuan pindah federasi dari federasi sebelumnya (RFEF dan KNVB) ke PSSI. Keduanya bahkan langsung menjadi pemain pilihan Shin Tae-yong jelang Timnas Indonesia mentas di 2022.

Dalam pemusatan latihan jelang even tersebut, kedua pemain baru ini telah bergabung. Sandy lebih dulu – kemudian disusul Jordi yang baru saja selesai mengikuti laga uji coba bersama klubnya Johor Darul Takzim di Malaysia.

Sebetulnya, pemusatan latihan di Bali ini bukan merupakan kali pertama keduanya bergabung. Jadi, menjelang laga FIFA Matchday melawan Bangladesh pada bulan Agustus lalu, Sandy Walsh dan Jordi Amat sempat mengikuti pemusatan latihan bersama Marc Klok dkk. Keduanya bergabung meski saat itu belum resmi menjadi WNI.

Dan kini, kepada FIFA, Sandy bercerita banyak hal terkait pilihannya itu (membela Timnas Indonesia). Alasannya membela Timnas Indonesia, bagaimana rasa bangganya, target terdekatnya, hingga pandangannya tentang sang pelatih.

“Jadi ketika saya berada di pemusatan latihan, musim panas kemarin di Bandung, saya juga bergabung dengan tim untuk menonton pertandingan persahabatan sebelum mereka berangkat menuju Kuwait,” terang Sandy Walsh kepada FIFA.

Sandy lalu menyebut STY sebagai sosok pria yang memiliki banyak pengalaman sepak bola. Singkatnya, Sandy mengatakan bahwa STY adalah pria berkepribadian baik dan cinta permainan (sepak bola).

“Saya melihat pelatih memiliki banyak pengalaman tentang pengetahuan sepak bola, dia juga mencintai permainan, lebih dari itu sangat baik bahwa kita adalah sebuah tim,” ujarnya menambahkan.

“Semua pemain sama pentingnya untuk berada di tim, kita memiliki hubungan yang baik, mungkin perbedaan bahasa menjadi penghalang, kita memiliki beberapa penerjemah di setiap ruangan Memang sangat sulit berbicara bahasa Indonesia, bahasa Korea, dan juga Inggris, namun mereka membuatnya berjalan, kamu bisa lihat kebersamaan di dalam tim dengan tujuan, ambisi dan hal-hal baik yang sama.”

“Saya pikir ini tidak mudah bagi saya, saya pikir saat ini butuh kerja keras karena pelatih mengingatkan hal itu begitu juga dengan saya,” tutupnya.

Adapun Sandy, terpilihnya ia sebagai pemain naturalisasi Timnas Indonesia tak lepas dari keputusan Shin Tae-yong. Dari sekian banyak pemain yang direkomendasikan Shin, hanya tiga pemain yang sanggup dan siap untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Selain Sandy dan Jordi, ada bek Viking FK yakni Shayne Pattynama.

Adapun beberapa pemain yang menolak atau belum sanggup untuk pindah kewarganegaraan adalah Kevin Diks, Emil Audero, Mees Hilgers, dan Tijjani Reijnders.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments