Timnas Indonesia

Terkonfirmasi! Irfan Jauhari Cedera ACL Buntut Laga Piala AFF U-23 2023



NOBARTV NEWS – Striker U-23 Irfan Jauhari dipastikan mengalami cedera ACL. Cedera tersebut didapatkannya ketika melakoni laga perdana U-23 beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, skuad Garuda muda bermain dalam ajang Piala AFF U-23 2023. Di ajang tersebut, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup B bersama Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Timor Leste U-23.

Singkatnya, di even tersebut, anak asuh Shin Tae-yong tersebut berhasil menembus partai final usai finis sebagai runner-up terbaik dan berhasil membungkam tuan rumah Timnas Thailand U-23 di babak semifinal. Ya, sepanjang fase grup tersebut, Ramadhan Sananta dkk meraih kemenangan atas Timor Leste U-23 (1-0) dan dikalahkan oleh Timnas Malaysia U-23 (2-1).

Setelah itu, di babak semifinal, secara mengejutkan, mereka berhasil membungkam perlawanan tuan rumah Thailand U-23 dengan skor telak 3-1. Tapi sayangnya – di partai final, ketika jumpa Vietnam U-23, mereka dikalahkan lewat babak adu penalti dengan kedudukan akhir 5-6. Sebab di waktu normal, kedua tim bermain sama kuat 0-0.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Kelalahan di partai final saat itu jelas sangat menyedihkan. Terlebih, skuad Garuda tak bisa diperkuat oleh empat pemainnya. Empat pemain yang tak bisa tampil adalah Bagas Kaffa, Irfan Jauhari, Komang Teguh, dan Titan Agung.

Untuk Titan Agung dan Komang Teguh, keduanya ternyata masih dalam masa sanksi yang diberikan AFC. Sedangkan Bagas Kaffa, ia dilanda cedera menjelang laga semifinal versus Thailand U-23 sebelumnya. Adapun Irfan Jauhari, penyumbang gol di final SEA Games 2023 lalu itu tak bisa tampil penuh sejak laga pertama melawan Timnas Malaysia U-23.

Ya, di laga perdana Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 saat itu, Irfan Jauhari tak bisa tampil penuh. Ia dilanda cedera di tengah-tengah pertandingan. Akibatnya, pemain milik Persis Solo itu absen di laga-laga berikutnya hingga laga final versus Vietnam U-23.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan kini, setelah rombongan skuad Garuda muda kembali ke tanah air – begitu juga dengan Irfan Jauhari yang saat itu dilanda cedera, klub Irfan yaitu Persis Solo memberikan konfirmasi terkait keadaannya. Ya, Persis beberapa waktu lalu menyebut Irfan Jauhari dilanda cedera yang cukup serius dari laga kemarin.

Dokter tim Persis Solo Iwan Wahyu Utomo mengatakan kalau sang pemain mengalami cedera ACL. Cedera ACL tentu adalah sebuah cedera yang serius. Bahkan, kata Wahyu Utomo, pemain Laskar Sambernyawa itu kemungkinan besar akan absen selama 9 bulan ke depan.

“Setelah menjalani perawatan medis dan proses MRI, Irfan Jauhari didiagnosa menderita total tear ACL dan Meniscus lateral tear,” kata Wahyu Utomo.

“Irfan Jauhari diperkirakan harus absen selama 6-9 bulan,” ujarnya menambahkan.

“Selanjutnya, kami akan melakukan tindakan operasi. Untuk waktu dan tempat operasi masih dalam proses,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid