Timnas Indonesia

STY Minta Fans Tak Khawatir Meski Indonesia Dibantai Libya 4-0

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong meminta semua pihak untuk tetap tenang dan jangan khawatir meskipun baru saja menelan kekalahan besar atas Libya.

Seperti yang diketahui, sebelum berlaga di even Piala Asia 2023, mereka terlebih dahulu menggelar pemusatan latihan selama beberapa pekan di luar negeri. Bahkan, bukan cuma pemusatan latihan saja, namun anak asuh Shin Tae-yong itu juga menggelar tiga laga uji coba. Dua uji tersebut melawan tim asal Afrika Libya sedangkan satu uji coba lainnya berjumpa tim sesama kontestan Piala Asia yakni Timnas Iran.

Kemarin, pada Kamis 2 Januari 2023, laga uji coba perdana tersebut sudah selesai digelar di Stadion Titanic Mardan, Aksu, Turki. Hasilnya, Timnas Indonesia dipermalukan dengan skor telak 4-0. Meskipun skuad yang diturunkan oleh Shin di babak pertama dan kedua berbeda, namun mereka tetap gagal – untuk setidaknya memperkecil kedudukan. Empat gol yang bersarang ke gawang Syahrul Trisna berasal dari Ahmed Ekrawa di babak pertama serta masing-masing satu gol dari Omar Al Khouja, Nouradin Elgelaib, dan Alaa Alqijdar pada babak kedua.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Alhasil, beragam reaksi diberikan oleh netizen di media sosial. Banyak dari mereka yang mencemooh penampilan skuad Garuda. Tak sedikit pula yang khawatir dengan permainan mereka di Piala Asia nanti karena penampilan mereka yang begitu buruk di laga uji coba ini.

Salah satu pemain yang mendapat sorotan dan dianggap bermain buruk adalah Justin Hubner. Bek muda Wolverhampton Wanderers itu melakukan beberapa kali blunder yang berujung gol untuk timnya. Sampai-sampai, Justin harus menonaktifkan kolom komentar di akun media sosialnya akibat cemoohan yang ia dapatkan.

STY Minta Fans Tak Khawatir Meski Indonesia Dibantai Libya 4-0
Shin Tae-yong di TC Timnas Indonesia

Namun hal berbeda justru ditunjukkan oleh sang pelatih Shin Tae-yong. Pria berkebangsaan Korea Selatan itu justru meminta fans untuk tidak khawatir walaupun mereka menelan kekalahan telak di laga tersebut.

“Para pemain begitu datang ke Turki, jadi sampai satu hari sebelum pertandingan kita memang fokus latihan fisik. Jadi memang pertandingan kemarin tidak berarti apa-apa. Saya hanya ingin cek saja kondisi pemain tanpa melihat skor,” kata Shin Tae-yong pasca pertandingan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Segala sesuatunya karena kita fokus ke tanggal 15 [Januari lawan Irak di Piala Asia 2023] jadi para fans tidak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin,” ucapnya menambahkan.

Meskipun demikian, Shin juga memaklumi jika banyak suporter kecewa dengan hasil tersebut. Namun ia berjanji untuk memberikan penampilan terbaiknya – termasuk ketika di uji coba kedua dan ketiga nanti.

“Memang para fans sepak bola Indonesia boleh kecewa besar karena kita kalah lawan Libya dengan skor 0-4. Mulai dari hari ini kami akan fokus ke pertandingan tanggal 5 dan 9 [Januari],” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid