Timnas Indonesia

Bantu Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Erick Thohir Kirim ‘Hadiah’ ke Kirgistan



NOBARTV NEWS – Keberhasilan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 tak lepas dari peran salah satu kontestan yakni Timnas Kirgistan. Sampai-sampai, sebagai bentuk terima kasih, Erick Thohir berencana untuk mengirim hadiah ke negara tersebut.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2024. Padahal, peluang skuad Garuda untuk berlaga di fase tersebut pada dasarnya sangat kecil.

Ya, sepanjang fase grup, anak asuh Shin Tae-yong itu hanya mampu meraup tiga poin saja. Tiga poin itu didapatkan Marc Klok dkk setelah menang tipis atas Vietnam dengan skor akhir 1-0. Sedangkan di dua laga lainnya, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan. Setelah dipermalukan Irak 3-1 pada matchday pertama, skuad Garuda kembali dibungkam dengan skor yang sama (3-1) tatkala bertemu dengan Timnas Jepang.

Akibatnya, dengan jumlah tiga poin itu, skuad Garuda mengakhiri posisinya di peringkat ketiga klasemen akhir grup D. Posisi serta poin yang didapatkannya itu jelas sangat riskan. Bahkan, peluang untuk mendapatkan tempat di babak 16 besar dengan jalur peringkat tiga terbaik amatlah sulit.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Akan tetapi, dewi fortuna akhirnya menghampiri anak asuh Shin Tae-yong itu. Berkat hasil dari pertandingan di grup lain, Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke babak 16 besar tersebut. Kenapa?

Bantu Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia, Erick Thohir Kirim 'Hadiah' ke Kirgistan
Selebrasi Sandy Walsh usai cetak gol ke gawang Jepang (sumber: ig @sandywalsh)

Jadi, dalam partai pamungkas grup F Piala Asia 2023 kemarin, telah dilangsungkan laga antara Oman vs Kirgistan. Sebelum pertandingan tersebut digelar, Oman tercatat sudah mengumpulkan satu poin sedangkan Kirgistan belum meraup satu poin pun.

Jika Oman berhasil menang atas Kirgistan, maka mereka bisa dipastikan akan melaju ke babak 16 besar dengan status sebagai peringkat tiga terbaik. Bahkan, harapan Oman untuk lolos ke 16 besar sangat terbuka lebar setelah mereka unggul atas Kirgistan 1-0 hingga menit ke-78.

Namun semua berubah drastis beberapa menit sesudahnya. Pada menit ke-80, striker Kirgistan berdarah Ghana Joel Kojo membuat kejutan. Setelah memanfaatkan kesalahan kiper Oman, penyerang 25 tahun itu berhasil menceploskan bola ke gawang yang sudah tak dijaga. Skor 1-1 untuk kedua tim berkat gol tersebut.

Hingga peluit panjang dibunyikan, kedudukan imbang bertahan sehingga dengan hasil tersebut Oman hanya mendapat dua poin saja. Adapun Kirgistan, mereka cukup puas dengan pulang walaupun dengan satu poin yang didapatkannya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Atas hasil inilah, Timnas Indonesia yang berada di peringkat yang sama (tiga) dengan Timnas Oman dipastikan lolos ke babak 16 besar. Adapun Oman dipastikan tersingkir dari persaingannya di Piala Asia. Hal itu dikarenakan skuad Garuda memiliki poin yang lebih baik dibanding tim asal timur tengah itu.

Saking berperannya kemenangan Kirgistan atas Indonesia, para netizen menyerbu akun media sosial federasi – terutama kepada sang pencetak gol Joel Kojo. Mereka mengucapkan rasa syukur dan terima kasih sebab berkat golnya, skuad Garuda dinyatakan lolos ke fase knock-out.

Ucapan terima kasih lainnya juga dilontarkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Bahkan, Erick berencana untuk mengirimkan hadiah ke Kirgistan saking rasa syukurnya itu.

“Kemarin, saya sudah minta untuk dikirim sesuatu ke Kirgistan,” kata Erick Thohir.

“Bukan berarti kami disangka melakukan ini. Ya, saya mengucapkan terima kasih kepada Kirgistan,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Tetapi, begini. Kalau kita mau Timnas Indonesia kuat, kita tidak boleh bergantung dengan negara lain. Sebab, harus dari diri kita yang benar-benar mempersiapkan,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *