Timnas Indonesia

Klub Indonesia Minati Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo



NOBARTV NEWS – Kontrak pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo tak lama lagi akan berakhir. Menurut beberapa media, Park mendapatkan tawaran untuk menangani tim muda Korea Selatan. Namun adapula yang mengatakan bahwa ia diminati oleh beberapa klub ASEAN termasuk klub asal Indonesia.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Park menjadi otak di balik kesuksesan Timnas Vietnam saat ini. Di peringkat FIFA, Timnas Vietnam menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Vietnam berdiri kokoh menempati posisi 96 FIFA. Meski hanya diisi oleh satu pemain abroad di skuadnya, namun Park sukses menyulap para pemainnya menjadi sekumpulan tim yang menakutkan di Asia Tenggara.

Park telah membersamai Timnas Vietnam selama kurang lebih 5 tahun. Ia ditunjuk pada 15 Oktober 2017 atau tiga tahun sebelum pelatih asal Korea Selatan lainnya Shin Tae-yong menangani .

Terakhir, ia berhasil membawa skuad muda Vietnam U-23 menjuarai SEA Games 2021 yang dihelat di negaranya sendiri. Saat ini, Park sudah tidak menangani tim muda tersebut karena fokus untuk menangani tim senior.

Catatan apik lainnya yang sudah ditorehkan Park adalah, dari total 44 laga bersama tim senior Vietnam di laga resmi, pelatih 63 tahun itu telah mencatatkan kemenangan sebanyak 21 kali, imbang 9 kali, dan sisanya 14 kali menelan kekalahan.

Melihat rekam jejak yang lumayan baik itu, wajar saja jika KFA (Federasi Sepakbola Korea Selatan) menginginkan jasanya. Bahkan menurut media asal Vietnam The Thao, tawaran untuk menjadi pelatih juga datang dari klub Asia Tenggara tak terkecuali klub asal Indonesia.

Klub-klub yang menginginkan jasanya berasal dari Indonesia, Malaysia, dan juga Thailand. Namun sayang, The Thao tidak merincikan klub mana saja yang ingin mengamankan jasa sang pelatih.

“Tidak hanya Korea, beberapa rumor juga mengatakan tim ASEAN seperti Thailand, Indonesia, atau bahkan Malaysia juga telah melayangkan tawaran kepada pelatih Park Hang Seo,” tulis The Thao.

Publik sepak bola Vietnam pun dibuat ketar-ketir. Mereka sadar betul jika sepakbola Vietnam naik berkat jasa pelatih asal Korea Selatan itu. Dikabarkan, Sekertaris Jenderal VFF (Federasi Sepakbola Vietnam) Le Hoai Anh akan segera melakukan negosiasi dengan Park untuk membahas kontrak yang akan segera berakhir tahun depan. Mereka ingin memperpanjang kontrak sang pelatih lebih lama lagi. Apalagi, di tahun depan, Timnas Vietnam akan turut serta dalam Piala Asia 2023.

Kisah Park sama seperti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. PSSI sendiri merasa nyaman dengan STY dan beberapa waktu lalu memiliki rencana untuk memperbaharui kontrak pria yang biasa disapa Coach Shin itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments