Timnas Indonesia

Tidak Termasuk GBK, Berikut 4 Venue Piala Dunia U-17 2023 Sesuai Kesepakatan FIFA



NOBARTV NEWS – PSSI akhirnya memastikan empat stadion yang akan digunakan sebagai venue 2023. Anehnya, tak ada Stadion Gelora Bung Karno dalam daftar venue yang dipersiapkan.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, FIFA lewat laman resminya memastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 2023. Dalam hal ini, Indonesia tengah menggantikan posisi Peru yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

Pada awalnya, negara asal Amerika Latin itu ditunjuk sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Tapi sayangnya, pada tahun 2023 ini, Peru dilanda berbagai macam permasalahan. Mereka dilanda bencana alam hingga krisis ekonomi sehingga membuat Peru memastikan undur diri dari keikutsertaannya tersebut.

Atas dasar itu, FIFA meminta Indonesia sebagai penggantinya. Tanpa pikir panjang, PSSI menyambut baik penunjukan FIFA itu.

Awalnya, begitu dinyatakan sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 2023, PSSI menyebut pihaknya akan menyiapkan 8 stadion sebagai venue pertandingan. Enam stadion merupakan venue yang awalnya dipersiapkan untuk ajang 2023 (dibatalkan FIFA). Adapun dua stadion lainnya merupakan tambahan. Enam stadion awal itu adalah Stadion Gelora Utama Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Stadion Manahan Solo, Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung. Adapun dua stadion tambahan yang dimaksud adalah Jakarta Internasional Stadium (JIS) dan Stadion Pakansari Bogor.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

Namun baru-baru ini, PSSI melalui Ketua Umum Erick Thohir menyebut pihaknya resmi menyiapkan empat stadion saja. Kata Erick, keempat stadion yang dipersiapkan ini sudah mendapat persetujuan dari FIFA. Menariknya, tak ada nama Stadion Gelora Bung Karno dalam daftar. Stadion termegah yang dimiliki Indonesia itu tak masuk dalam perencanaan PSSI dan FIFA.

“Sekarang tinggal 94 hari menuju Piala Dunia U-17 2023. Tentu, dana yang harus digelontorkan seefisien mungkin,” kata Erick Thohir Senin (7/8) kemarin.

“Karena itu, dari delapan stadion, hasil rapat dengan FIFA, kami sepakat empat stadion. Kenapa empat stadion? Sebab, kami memikirkan logistik juga,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Adapun keempat stadion yang akhirnya akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023 adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Stadion Manahan, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Direncanakan, even sepak bola ini akan digelar pada 10 Nopember hingga 2 Desember 2023.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid