Timnas Indonesia

Segera Jadi WNI, Begini Statistik Calon Pemain Naturalisasi Maarten Paes di Tahun 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Maarten Paes akhirnya diperkenalkan sebagai calon pemain naturalisasi berikutnya. Bagaimana statistik sang pemain sehingga masuk dalam kategori pilihan STY?

Teka-teki postingan Maarten Paes beberapa waktu lalu akhirnya terungkap sudah. Sebelumnya, kiper utama FC Dallas itu mengunggah sebuah postingan di akun media sosialnya. Postingan tersebut menunjukkan Paes sedang melakukan perjalanan udara ke suatu tempat. Tanpa keterangan yang dirincikan, postingan tersebut menimbulkan tanda tanya besar. Ke mana kiper kelahiran Belanda itu terbang?

Belum dipastikan ke mana Maarten Paes mendarat, netizen sudah menduga jika ia akan ke Indonesia. Ya, warganet dengan kejeliannya menduga kalau kiper yang bermain di Major League Soccer bersama FC Dallas itu akan segera tiba di Indonesia. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan sambutan hangat lewat media sosialnya. Sambutan tersebut berisikan kalau PSSI akan menerima Maarten Paes dan Thom Haye jika keduanya ingin menjadi bagian dari skuad Garuda Indonesia.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Sebelumnya, Thom Haye sudah datang ke Indonesia. Gelandang milik SC Heerenveen itu bahkan sudah melakukan proses naturalisasi tahap awal.

Hingga akhirnya, kepastian ke mana Maarten Paes terbang beberapa waktu terbuka sudah. Kemarin, Maarten Paes tiba di Indonesia. Ia langsung disambut dengan baik oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dengan demikian, Maarten Paes dipastikan akan mengikuti jejak Thom Haye yang sudah lebih dulu melakukan proses naturalisasi tersebut.

Segera Jadi WNI, Begini Statistik Calon Pemain Naturalisasi Maarten Paes di Tahun 2023
Maarten Paes ketika beraksi dengan klubnya FC Dallas

“Seperti nanti malam saya akan makan sama Maarten Paes, jauh-jauh dari Dallas, dari Amerika Serikat,” kata Erick Thohir kepada wartawan kemarin.

Erick menceritakan kalau nenek hingga orangtua Maarten sempat menangis ketika mengetahui sang anak ingin membela Timnas Indonesia.

“Kiper utama FC Dallas. Ketika dia ketemu neneknya, orang tuanya untuk pamitan memperkuat tim Indonesia, nangis keluarganya,” ucapnya menambahkan.

“Ini kita membangun momentum besar. Kita punya generasi emas U-22 ke bawah, generasi emas nih, kemarin juara SEA Games. Ditambah banyak pemain muda diaspora yang ingin gabung, seperti Ivar [Jenner], Rafael [Struick], Nathan, Justin,” katanya lagi.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Ini bagus. Tetapi cukup, gak? Tidak. Seperti yang saya bilang, kita harus punya tim senior 2×11 [pemain] yang sama kekuatannya,” pungkasnya.

Lantas, bagaimana statistik sang pemain sehingga membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merekomendasikannya kepada PSSI untuk dinaturalisasi?

Pada tahun 2023 kemarin, Maarten Paes total telah bermain selama 3.162 menit. Jika dibagi, ia tercatat sudah bermain dalam 36 pertandingan. Sebagian besar pertandingan tersebut dilakoninya dalam ajang Major League Soccer atau kasta tertinggi sepakbola Amerika Serikat.

Namun mirisnya, dari 36 pertandingan itu, Maarten sudah dibobol sebanyak 38 kali. Selain itu, dari 36 laga ini, Maarten tercatat sudah mengantongi 1 kartu kuning dan 1 kali mendapat kartu merah. Terlepas dari itu, ada pula catatan positif yang ditorehkan oleh pria berkebangsaan Belanda ini. Catatan positif itu adalah Maarten berhasil melakukan 9 kali cleansheets.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid