Timnas Indonesia

Jokowi Tantang Indonesia Lolos ke Final Piala Dunia U-17, Begini Kata Erick Thohir



NOBARTV NEWS – Presiden RI Joko Widodo menantang PSSI dan untuk bisa lolos ke final 2023. Sang Ketua Umum Erick Thohir pun menjawab tantangan sang Presiden.

Sebagaimana diketahui, kemarin, tim kepelatihan dan staf Timnas Indonesia melakukan seleksi terhadap calon pemain Timnas Indonesia U-17. Seleksi tersebut dilakukan di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, pada hari Senin 10 Juli kemarin, pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti telah mulai memimpin pemusatan latihan perdana bagi Timnas Indonesia U-17. Saat itu, Bima memilih 34 pemain untuk bergabung di pemusatan latihan tersebut. Menariknya, 6 dari 34 pemain itu merupakan pemain keturunan yang saat ini berkarier di luar negeri.

Di samping melakukan pemusatan latihan, Bima juga melakukan seleksi terhadap pemain lainnya. Jadi, di tengah-tengah pemusatan latihan, Bima dan staf pelatih Timnas Indonesia lainnya juga menggelar seleksi terbuka. Sehingga 34 nama yang dipanggil awal kemarin bukanlah nama final yang dipastikan akan menjadi bagian dari skuad Garuda Asia. Akan tetapi, PSSI dan Bima Sakti masih akan terus menjaring pemain keturunan di beberapa daerah.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Maka daripada itu, dilakukanlah seleksi terbuka yang diawali di Stadion Madya Senayan Jakarta pada Senin 10 Juli tersebut. Lalu dilanjutkan pada Rabu 12 Juli kemarin di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Istimewanya, dalam seleksi yang dilakukan pada hari Rabu kemarin, hadir di tengah-tengah proses seleksi tersebut orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo. Kebetulan, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja di Provinsi Jawa Barat. Dan sembari melakukan kebiasaannya sebagai pimpinan negara, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi seleksi terhadap pemain Timnas U-17 itu.

Tak hanya dirinya saja, dalam kunjungan tersebut hadir pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, beserta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menariknya, di tengah-tengah kunjungannya itu, Jokowi memberikan tantangan berat bagi Timnas Indonesia dan PSSI. Mantan Walikota Solo itu menantang skuad Garuda Asia untuk bisa lolos hingga partai final Piala Dunia U-17 2023. Tantangan tersebut direspon langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Tadi Presiden meminta (Timnas Indonesia U-17) lolos ke final (Piala Dunia U-17 2023). Itu target tertinggi,” kata Erick dilansir dari laman resmi PSSI.

“Karena itu, khusus mencari 22 pemain terbaik. Kami menjalankan program Talenta Garuda sebagai seleksi pemain Timnas Indonesia U-17,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Program ini melibatkan 10 klub Liga 1 dari berbagai kota yang bertindak sebagai host seleksi dan juga direktur teknik PSSI, serta Asprov untuk mencari bakat-bakat terbaik yang tersebar di penjuru Indonesia.”

“Talenta Garuda adalah program kolaborasi antara klub Liga 1, PSSI, dan Asprov. Klub Liga 1 memanggil calon pemain sesuai kebutuhan pelatih dan mempersiapkan hal-hal teknis seleksi,” pungkas eks Presiden Inter Milan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment