Timnas Indonesia

Ilija Spasojevic di Sesi Latihan Timnas Indonesia: Umur Tua, Tapi Fisik Paling Prima

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Perubahan fisik yang dirasakan Ilija Spasojevic sungguh sangat luar biasa. Meski dirinya menjadi pemain tertua di skuad saat ini, namun setiap kali tes fisik dilakukan, Spaso selalu berada dalam daftar pemain terbaik dengan fisik paling prima.

Diketahui, nama Spasojevic awalnya tak masuk dalam rencana Shin Tae-yong di 2022. Sebab dari 28 nama awal yang didaftarkan Shin untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali, eks pemain Persib Bandung itu tidak masuk dalam kriteria.

Namun dikarenakan striker yang didaftarkan yakni Dimas Drajad cidera, STY pun mencari penggantinya – dan terpilihlah nama Ilija Spasojevic. Kebetulan, Spaso tengah berada di Bali sehingga ia langsung bergabung di sesi latihan yang dilangsungkan di training ground milik Bali United itu.

Terpilihnya nama Spaso pun masih belum dimengerti sepenuhnya. Hal itu dikarenakan ucapan Shin Tae-yong beberapa waktu silam. Saat itu, STY terang-terangan mengaku kurang menyukai pesepakbola tua karena alasan fisik yang pasti tidak prima.

Namun pada kenyataannya, STY memanggil pemain naturalisasi ini sebagai pengganti Dimas Drajad. Padahal, selain Spaso, ada beberapa pemain muda yang memiliki pengalaman di Timnas Indonesia sebelumnya. Sebut saja seperti penyerang Persib Bandung Ezra Walian atau Dedik Setiawan dari Arema FC.

Namun pada akhirnya, keputusan Shin pun ternyata tepat. Shin pandai memilih pengganti dan Spaso lihai memanfaatkan situasi.

Meski pernah diremehkan STY beberapa waktu lalu, Spaso pada akhirnya berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain yang cemerlang selama TC Timnas Indonesia itu. Bahkan STY pun memberikan komentarnya terkait perubahan drastis yang dialami Spasojevic.

Dari beberapa kali tes fisik yang dilakukan, pemain 35 tahun itu selalu berada di puncak daftar pemain dengan fisik paling baik.

“Dari beberapa kali tes fisik yang dilakukan, posisi saya selalu di bagian atas list. Meski saya paling senior di sini, sudah berumur 35 tahun, saya bisa compete dengan anak-anak muda,” kata Ilija Spasojevic.

Di tangan Shin, Spaso juga mengaku mengalami perubahan yang cukup besar. Dalam hal kebugaran, ia merasa jauh lebih bagus setelah ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

“Banyak perubahan yang saya alami, tapi yang paling menonjol adalah level kebugaran saya jauh lebih bagus. Coach Shin Tae-yong banyak melakukan drill fisik,” tutup Spaso.

Adapun di Timnas Indonesia saat ini, Spaso harus bersaing dengan tiga pemain muda yang berposisi sama dengannya. Dari segi umur, Spaso jelas jauh lebih tua. Namun dari segi pengalaman, striker yang menikahi orang Indonesia itu jelas jauh di atas ketiga nama tersebut. Tiga striker lainnya adalah Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta, dan Muhammad Rafli.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

43 Comments