Timnas Indonesia

Arhan Dipastikan Absen, Indra Sjafri Siapkan Haykal Alhafiz sebagai Pengganti



NOBARTV NEWS – Indra Sjafri sudah menyiapkan pengganti bagi Pratama Arhan yang dipastikan absen di final SEA Games 2023 malam nanti. Pemain yang dimaksud adalah Haykal Alhafiz.

Sebagaimana diketahui, dalam kemenangan dramatis 3-2 U-22 atas Timnas Vietnam U-22 kemarin (13/05), ada harga mahal yang harus dibayar skuad Garuda. Sebab di dalam kemenangan tersebut, satu pemain Timnas Indonesia U-22 harus mendapatkan kartu merah.

Kartu merah tersebut membuatnya dipastikan absen di laga final melawan Timnas Thailand U-22 malam hari nanti. Padahal, ia merupakan pemain andalan bagi skuad Garuda – bahkan, perannya di babak semifinal kemarin sangatlah krusial. Pemain yang dimaksud adalah Pratama Arhan.

Fullback sayap milik klub divisi kedua (J2 League) Tokyo Verdy itu berkontribusi besar terhadap dua gol skuad Timnas Indonesia di laga tersebut (semifinal). Gol pertama yang dicetak oleh Komang Teguh pada babak pertama di menit ke-10 berasal dari assist langsung yang ia berikan. Arhan melakukan lemparan ke dalam – yang kemudian disambut oleh Komang Teguh untuk merobek gawang anak asuh Philippe Troussier itu.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Gol kedua dari kaki Muhammad Ferrari juga berasal dari kontribusi Arhan. Saat itu, Timnas Indonesia U-22 mendapatkan kesempatan untuk menambahkan gol lewat lemparan ke dalam. Arhan kembali ditunjuk sebagai eksekutor. Setelah dilakukan lemparan ke dalam, bola mengenai kaki Marselino Ferdinan. Gelandang serang asal KMSK Deinze itu kemudian melepas tembakan yang mengenai kaki Muhammad Ferrari. Bola tersebut berbelok dan masuk ke jala gawang Timnas Vietnam U-22.

Sayangnya, tak berselang lama setelah gol tersebut, Arhan mendapatkan kartu merah – sehingga ia dikeluarkan langsung oleh sang pengadil. Alhasil, Arhan dipastikan absen di laga final.

Walaupun demikian, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia mengaku sudah mempersiapkan penggantinya. Kata Indra, 20 pemain yang dibawanya ke SEA Games 2023 sama-sama memiliki kualitas yang baik. Pemain yang dipilih sebagai penggantinya adalah Haykal. Kata Indra Sjafri, keduanya sama-sama memiliki kualitas.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Enggak ada Arhan pun ada Haykal. Kita menganggap 20 pemain yang dibawa itu terbaik. Kita gak pernah bedakan antara Arhan dan Haykal,” kata Indra Sjafri mengenai absennya Arhan di partai final malam nanti.

Haykal sendiri sudah pernah diturunkan di laga pamungkas Timnas Indonesia U-22 di grup A melawan tuan rumah Kamboja. Saat itu, Haykal diturunkan sejak menit pertama oleh sang pelatih. Di laga tersebut, skuad Timnas Indonesia U-22 menang dengan skor akhir 1-2. Penampilan tersebut menjadi satu-satunya penampilan Haykal sejauh ini. Sebab di laga sesudahnya (semifinal), pemain anyar PSIS Semarang itu tak dimainkan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid