Timnas Indonesia

Soal Manajemen Pelatih, Legenda Timnas Vietnam Minta VFF Belajar dari PSSI



Soal Manajemen Pelatih, Legenda Timnas Vietnam Minta VFF Belajar dari PSSI
Park Hang-Seo dan skuad Timnas Vietnam

NOBARTV NEWS – Federasi Sepakbola Vietnam (VFF) mendapat kritik keras dari salah satu legenda sepak bola mereka. Adalah Nguyen Manh Dung, eks pemain Timnas Vietnam yang kini menjadi pundit kondang ASEAN itu menyoroti performa buruk Timnas muda Vietnam. Ia pun meminta agar VFF belajar banyak soal manajemen pelatih kepada PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI memercayakan tonggak kepelatihan tiga kelompok umur kepada satu sosok yakni Shin Tae-yong. Meski sempat terpikirkan untuk mengganti Shin dari posisinya, namun PSSI urung melakukannya karena desakan dari suporter . PSSI diminta jangan mengganti sosok pelatih asal Korea Selatan itu karena menurut mereka (suporter Timnas Indonesia), STY tengah dalam track record yang baik.

Berbeda halnya dengan Timnas Vietnam. Di tim senior, Park Hang-seo menangani skuad The Golden Stars. Park juga mengemban amanat sebagai pelatih Timnas U-23. Namun sejak Mei lalu, Park melepas jabatannya di Timnas U-23 karena ingin fokus menangani Timnas senior. Namun untuk Timnas Vietnam U-20, VFF memercayakan posisi tersebut kepada pelatih lokal Dinh The Nam.

Baca Juga:  Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Yordania Grup A Piala Asia U23 2024

Meski skuad muda Vietnam lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023, namun sang pundit tetap mengkritisi kebijakan VFF karena ia menilai skuad muda Vietnam tidak mengalami kemajuan. Hal itu terbukti ketika Timnas Vietnam U-20 bertemu Indonesia dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 beberapa waktu lalu. Saat itu, Timnas Vietnam dipecundangi dengan skor tipis 3-2. Sempat unggul 2-1 atas Garuda muda, skuad asuhan Dinh The Nam kalah mental sehingga mereka kecolongan oleh dua gol tambahan dari Muhammad Ferrari dan Rabbani Tasnim.

Skuad muda Vietnam lolos namun berstatus sebagai runner-up. Bukan sebagai juara grup seperti yang didapatkan Timnas Indonesia.

Berangkat dari hal tersebut, Nguyen Manh Dung menyebut VFF seharusnya memaksimalkan sosok pelatih – yang dalam hal ini tentu Park Hang-seo. Ia meminta VFF untuk belajar kepada federasi sepakbola Indonesia dalam hal ini PSSI.

Baca Juga:  Abu Zema Jelang Duel Indonesia vs Yordania: Laga yang Sulit!

“Itu cara kerjanya. Gunakan uang dan ambil manfaat dari orang (pelatih). VFF juga harus belajar dari mereka (Indonesia),” papar Nguyen Manh Dung dilansir dari The Thao 247.

Ucapan Nguyễn Manh Dung tersebut tak lepas dari rencana pemutusan kontrak terhadap Dinh The Nam – buntut dari kekalahannya atas Indonesia. Salah satu sosok yang disebut bakal menggantikan posisi Dinh The Nam adalah Gong Oh-kyun.

Menariknya, Gong Oh-kyun merupakan mantan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Namun pada akhirnya, ia digantikan oleh sosok asisten lainnya yang sama-sama berasal dari Korea. Usai berpisah dengan Shin di Timnas Indonesia, Gong Oh-kyun sempat menjabat sebagai asisten pelatih di klub Korea Seoul E-Land.

Pada 24 Mei 2022, Gong Oh-kyun mendapat jabatan baru sebagai manajer Timnas Vietnam U-23.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid