Timnas Indonesia

Piala AFF U-23 2023: Krisis Pemain, Marselino Ferdinan Tak Diberi Izin Bela Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS U-23 tengah krisis pemain karena Komang Teguh dan Titan Agung dipastikan tak akan memperkuat skuad Garuda di U-23. Rencananya, untuk mengganti pemain yang tak bisa main itu, PSSI akan meminta izin KMSK Deinze agar bisa menggunakan Marselino Ferdinan. Sayangnya, Deinze menolak keinginan PSSI itu.

Sebagaimana diketahui, pada Piala AFF U-23 tahun ini, skuad Garuda benar-benar tanpa persiapan maksimal. Sebelumnya, mereka berangkat dengan kekuatan seadanya.

Ya, bagaimana tidak, dua pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 yakni Rizky Ridho dan Dzaky Asraf dipastikan batal tampil memperkuat skuad Garuda. Hal itu dikarenakan Persija Jakarta selaku klub Rizky Ridho dan PSM klub Dzaky Asraf menolak untuk melepas sang pemain. Akibatnya, kedua nama tersebut tak dibawa ke Thailand selaku tuan rumah Piala AFF U-23 2023.

Tanpa keduanya, Shin Tae-yong akhirnya memanggil beberapa nama baru. Seperti Muhammad Kanu dan Haykal Al Hafiz.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Tapi mirisnya lagi adalah begitu skuad Garuda tiba di Thailand, masalah lainnya kembali muncul. Masalah tersebut adalah dua pemain skuad Garuda lainnya dilarang tampil oleh AFC. Federasi Sepakbola Asia tersebut tidak memperbolehkan Komang Teguh dan Titan Agung untuk bermain.

Larangan tersebut diakibatkan karena sanksi yang diberikan AFC buntut dari kerusuhan di laga final SEA Games 2023 kemarin. Sebetulnya tak hanya Titan dan Komang saja, satu pemain Timnas Indonesia lainnya yakni Muhammad Taufany juga dikenakan sanksi. Ketiga pemain tersebut tak diperbolehkan membela Timnas Indonesia di beberapa pertandingan.

Awalnya, PSSI sudah menanyakan hal tersebut kepada AFC apakah ketiganya juga tidak bisa membela skuad Garuda di Piala AFF U-23. Namun karena tak kunjung mendapat jawaban, PSSI akhirnya dengan berani membawa dua dari tiga nama tersebut ke Piala AFF U-23. Dan sayangnya, ketika skuad Garuda sudah tiba di Thailand, AFC mengabarkan kalau mereka juga dilarang untuk tampil di Piala AFF U-23.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Alhasil, skuad Garuda kini hanya diperkuat oleh 21 pemain saja. Dan rencananya, untuk menambal pemain yang kurang itu, PSSI akan kembali memanggil pemain lainnya yakni Marselino Ferdinan. Pemain muda milik KMSK Deinze itu diminta untuk bergabung dengan skuad Garuda di Piala AFF U-23 ini.

Sayangnya, dari keterangan yang disampaikan oleh asisten Shin Tae-yong yakni Nova Arianto, sang pemain tidak diberikan izin untuk memperkuat Timnas Indonesia.

“Tidak diizinkan kok,” kata Nova Arianto.

Lebih lanjut, kata Nova lagi, Timnas Indonesia U-23 akan fokus dengan skuad yang sudah ada. Bahkan, kata Nova, tidak ada rencana untuk memanggil pemain lainnya setelah tidak diberi izin KMSK Deinze untuk memanggil Marselino Ferdinan.

“Tidak, kami fokus dengan pemain yang ada,” tegasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment