Intermezzo

Kedatangan Israel Masih Terus Dapat Penolakan, Menkopolhukam: Persiapan Sudah Dilakukan Secara Rapi!



NOBARTV NEWS – Kedatangan Timnas Israel U-20 ke Indonesia dalam rangka mengikuti 2023 masih terus mendapatkan penolakan. Namun Menkopolhukam Mahfud MD menjamin kedatangan Israel dan juga tim-tim lainnya. Persiapan pemerintah untuk mendatangkan mereka dilakukan dengan rapi.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini, sudah ada 20 tim yang dinyatakan lolos ke Piala Dunia U-20 Indonesia. Dari negara Eropa, lima tim sudah memastikan diri turut serta di even ini. Salah satu dari tim asal Eropa itu adalah Timnas Israel U-20. Selain Israel U-20, ada pula Timnas Prancis U-20, Slovakia U-20, Italia U-20, dan terakhir Inggris U-20. Akan tetapi, satu-satunya yang menjadi permasalahan hingga menimbulkan kontroversi adalah kehadiran Timnas Israel U-20.

Sebelumnya, warga Solo merasa keberatan jika negara yang dulunya masuk dalam wilayah Asia itu untuk menginjakkan kakinya di Indonesia. Dan ternyata, hal yang sama juga disampaikan oleh salah satu partai politik di Indonesia. Adalah PKS (Partai Keadilan Sejahtera), salah satu partai besar di Indonesia itu menyebut kehadiran Timnas Israel U-20 di Indonesia akan membuat banyak perasaan orang terlukai.

Karena sebagaimana diketahui, Israel sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu sudah menjajah negara Palestina. Di satu sisi, Palestina merupakan karib dekat Indonesia. Bahkan, saking akrabnya, Indonesia selalu berdiri di samping Palestina. Puncaknya adalah sampai saat ini, Israel dan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik sama sekali.

Politikus PKS Muhammad Taufik Zoelkifli menyebut Israel sebagai negara penjajah. Oleh sebab itu, ia dan PKS konsekuen untuk menentang kedatangan mereka.

“Ini kan ada sebuah negara yang masih menjadi penjajah di era seperti ini. Ini tentu saja kami tentang habis-habisan, kami tentang dengan kuat,” kata Muhammad Taufik Zoelkifli.

“Artinya kedatangan mereka akan melukai hati orang-orang yang cinta perdamaian. Kan bangsa Indonesia itu cinta damai, bukan hanya yang muslim saja,” tambah pria yang biasa disapa MTZ itu.

“Jadi, orang-orang yang memang tidak setuju adanya penjajahan di Palestina pasti akan terluka hatinya,” ujarnya memungkasi.

Sementara itu, Menkopolhukam Mahfud MD telah menjamin kehadiran Israel di Indonesia. Pemerintah RI juga dikatakan Mahfud sudah membahas terkait kemungkinan penolakan dari banyak orang itu. Bahkan, kata Mahfud lagi, persiapan untuk menjamin kedatangan Israel dari segi politik hingga diplomatik sudah dipersiapkan secara rapi.

“Sudah, sudah. Semuanya sudah dibahas. Sudah dipersiapkan semua jalur politik, diplomatik, dan keamanan. Tunggu saja nanti. Persiapan sudah dilakukan secara rapi,” kata Mahfud.

Adapun Erick Thohir, Ketua Umum PSSI itu menyebut kedatangan Israel, terkait kemanan dan lain sebagainya merupakan domain pemerintah. PSSI hanya bertugas sebagai penyelenggara saja. Oleh sebab itu, ketika ditanyai perihal penolakan tersebut, PSSI tak bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

“Kemarin sudah ada rapat. Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan, kami fokus di situ. Kami juga fokus mempersiapkan timnas, urusan politik itu domain-nya bukan di kami, itu jelas domain pemerintah,” kata Erick Thohir.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

35 Comments

  1. Gua pribadi sih juga menolak tapi apa boleh buat Indonesia gk punya kekuatan untuk menolak mereka bermain di pildun U-20 yang diadakan di Indonesia. Jadi intinya beri pengamanan sajalah mereka secara ketat jika sudah sampai di Indonesia.