Timnas Indonesia

Kalah Telak dari Libya, PSSI Minta Skuad Garuda Dievaluasi

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Kekalahan telak Indonesia atas Libya menjadi atensi PSSI. Gara-gara kekalahan memalukan itu, PSSI meminta untuk diadakan evaluasi dalam skuad Garuda.

Seperti yang diketahui, pada malam hari tadi, memainkan laga uji coba perdananya melawan Libya. Uji coba ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Jadi, sejak tahun lalu (Desember 2023), skuad Garuda telah melangsungkan pemusatan latihan di Antalya Turki. Adapun untuk uji coba, PSSI mengagendakan Marc Klok dkk untuk memainkan tiga laga uji coba. Uji coba pertama dan kedua yaitu melawan Timnas Libya di Antalya serta uji coba ketiga berjumpa Iran di Libya. Tiga uji coba tersebut diharapkan mampu membuat skuad Garuda tampil maksimal di tiga laga awal mereka dalam ajang Piala Asia tersebut. Diketahui, pada even Piala Asia 2023 ini, Timnas Indonesia berada di grup yang cukup sulit yaitu di grup D. Dalam grup tersebut, skuad Garuda tergabung dengan Timnas Irak, Jepang, dan Vietnam. Oleh karenanya, untuk mempersiapkan diri jelang bertemu ketiga tim itu, digelarlah pemusatan latihan disertai dengan tiga laga uji coba.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Tapi sayangnya, dalam uji coba perdananya semalam, Timnas Indonesia dipermalukan oleh sang lawan dengan skor telak 4-0. Kendati sudah melakukan 10 pergantian pemain di babak kedua, namun Timnas Indonesia tak mampu mengimbangi permainan sang lawan. Lini belakang yang sangat rapuh dan sulitnya lini depan membongkar pertahanan lawan menjadi pekerjaan rumah penting bagi Timnas Indonesia.

Kalah Telak dari Libya, PSSI Minta Skuad Garuda Dievaluasi
Aksi Justin Hubner di laga Timnas Indonesia tadi malam

Kekecewaan atas kekalahan telak tersebut pun merebak ke media sosial. Fans Timnas Indonesia kesal lantaran skuad Garuda dipermalukan di saat even akan digelar tidak lebih dari tiga minggu lagi. Bahkan tidak cuma netizen saja – namun PSSI selaku Federasi Sepakbola Indonesia meminta Timnas Indonesia dievaluasi atas hasil buruk semalam.

“Kita berharap ini [kekalahan] dilakukan evaluasi secepatnya oleh pelatih dan kita nantinya pada saat pertandingan resmi, pada tanggal 5 [Januari], STY sudah menemukan format terbaiknya sehingga kita bisa memenangkan pertandingan di tanggal 5 tersebut,” ucap Arya Sinulingga.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Jadi kita harap secepatnya mengevaluasi dan menetapkan formasi maupun pemain yang akan dimainkan pada saat pertandingan resmi pada tanggal 5 nanti,” kata Arya menambahkan.

“Dan kita doakan pemain Timnas kita tetap bisa memenangkan pertandingan dan tetap semangat, dan mereka tetap optimis untuk pertandingan berikutnya,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid