Piala PortugalTimnas Indonesia

Presiden RI Joko Widodo Beri Target untuk Garuda Muda di Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Lewat Menpora RI Zainudin Amali, Presiden RI Joko Widodo memberikan target kepada Garuda muda di Piala Asia U-20 2023. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta Hokky Caraka dkk setidaknya lolos dari fase grup dalam turnamen yang akan dilangsungkan bulan depan itu.

Sebagaimana diketahui, bakal mentas lagi di Piala Asia U-20. Di edisi sebelumnya (Piala Asia U-20 2018), skuad Garuda muda terhenti di babak 8 besar. Setelah finis sebagai runner-up di grup A, Timnas Indonesia berhak lolos ke fase gugur. Sayangnya, mereka langsung tumbang 2-0 atas Timnas Jepang di babak 8 besar itu.

Di Piala Asia U-20 saat itu (2018), Timnas Indonesia berstatus sebagai tuan rumah. Adapun di Piala Asia U-20 tahun ini (2023) Timnas Uzbekistan akan menjadi tuan rumah. Menariknya, Timnas Indonesia dan Uzbekistan tergabung dalam grup yang sama. Selain keduanya, ada Timnas Irak dan Suriah yang juga berada di grup A.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Indonesia vs Tanzania Disiarkan Langsung dan Boleh Dihadiri Penonton

Nah, sebagai persiapannya sebelum tampil di even Piala Asia U-20 ini, Timnas Indonesia telah melakukan persiapan – yang salah satunya melakukan pemusatan latihan yang sudah digelar sejak awal Pebruari ini. Jadi, TC tersebut sudah berlangsung selama satu minggu.

Untuk diketahui pula, Piala Asia U-20 ini merupakan ajang seleksi bagi wakil Asia di 2023. Empat tim terbaik yang diambil dari semi-finalis akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia. Timnas Indonesia sendiri sudah dinyatakan lolos. Maka daripada itu, meski anak asuh Shin Tae-yong meraih hasil buruk di Piala Asia U-20 esok, posisi mereka di Piala Dunia U-20 tak akan berubah.

Akan tetapi, sebagai calon tuan rumah untuk even besar seperti Piala Dunia U-20, tentunya Timnas Indonesia tak boleh datang dengan modal serampangan. Skuad Garuda muda setidaknya harus memiliki persiapan matang – yang salah satunya lewat Piala Asia U-20 ini. Semakin bagus prestasi skuad Garuda di Piala Asia U-20, maka semakin bagus pula persiapan Marselino Ferdinan dkk di Piala Dunia U-20 nanti.

Baca Juga:  Daftar Manajer Timnas Indonesia di Berbagai Kelompok Umur

Presiden RI Joko Widodo sendiri meminta anak asuh Shin Tae-yong itu untuk setidaknya lolos dari fase grup. Entah itu sebagai juara grup atau runner-up. Tentu, target tersebut bukanlah hal yang mustahil – sebab di Piala Asia U-20 sebelumnya Garuda muda sudah pernah mendapatkannya.

“Bapak Presiden mengharapkan anak-anak main secara maksimal. Beliau tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu kualitas tim yang berlaga nanti,” terang Zainudin Amali.

“Presiden mengharapkan anak-anak main bagus, main maksimal. Kalau boleh ya jangan berhenti pada penyisihan. Kita harus lolos, itu harapan dari Bapak Presiden,” tambah Menteri asal Gorontalo itu.

“Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi dapat membantu Timnas Indonesia dalam meningkatkan kualitas. Mereka dalam proses di Kemenkumham dan saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat ya,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

16 Comments