BRI Liga 1

Berikut Daftar Lengkap Pelatih Liga 1 2023-2024, Wajah Asing Masih Mendominasi!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Liga 1 musim 2023-2024 sudah dibuka pada hari ini. 18 tim akan bersaing untuk menjadi juara di kasta tertinggi sepakbola di Indonesia itu. Di balik kompetisi ini, terdapat banyak wajah pelatih asing yang siap beradu startegi.

Sebagaimana diketahui, pada sore dan malam ini, akan dimainkan dua pertandingan Liga 1 musim 2023-2024. Laga pembuka Liga 1 dimainkan oleh Bali United melawan PSS Sleman. Laga tersebut tersaji di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Adapun di pertandingan kedua, pada malam hari nanti akan tersaji laga antara Persis Solo versus Persebaya Surabaya. Untuk laga ini, Persis akan menjamu tim asal Jawa Timur itu di Stadion Manahan Solo.

Di balik gemerlapnya even ini, ternyata – masih banyak pelatih lokal yang tersingkir dari tim-tim di Liga 1. Di Liga 1 musim 2022-2023 kemarin, dari 18 kontestan yang berlaga, tiga tim teratas yang finis di kompetisi akhir dinakhodai oleh pelatih asing. Mereka adalah Bernardo Tavares (PSM Makassar), Thomas Doll (Persija Jakarta), dan Luis Milla (Persib Bandung).

Dan ternyata, musim ini para pelatih asing masih mendominasi. Sebanyak 12 pelatih asing dan 4 lokal akan beradu strategi demi menjadi yang terbaik. Pelatih lokal tersebut adalah Aji Santoso (Persebaya Surabaya), Putu Gede (Arema FC), Agus Sugeng Riyanto (Bhayangkara FC), dan Rahmad Darmawan (Barito Putera).

Berikut Daftar Lengkap 18 Pelatih Liga 1 Musim 2023-2024:

RANS Nusantara FC: Eduardo Almeida (Portugal)

Dewa United: Jan Olde Riekerink (Belanda)

PSS Sleman: Marian Mihail (Rumania)

Barito Putera: Rahmad Darmawan

Persikabo 1973: Aidil Sharin (Singapura)

PSIS Semarang: Gilbert Agius (Malta)

Arema FC: Putu Gede

Persik Kediri: Marcelo Rospide (Brasil)

Persis Solo: Leonardo Medina (Uruguay)

Persita Tangerang: Luis Edmundo Duran (Chile)

Madura United: Mauricio Souza (Brasil)

Bhayangkara FC: Agus Sugeng Riyanto

Persebaya Surabaya: Aji Santoso

Bali United: Stefano Cugurra (Brasil)

Borneo FC: Pieter Huistra (Belanda)

Persib Bandung: Luis Milla (Spanyol)

Persija Jakarta: Thomas Doll (Jerman)

PSM Makassar: Bernardo Tavares (Portugal)

Menariknya, di Liga 1 musim ini, beberapa peraturan serta regulasi baru diterapkan oleh PSSI dan PT LIB selaku operator. Beberapa di antaranya adalah membatasi gaji pemain, menerapkan VAR di pertengahan Liga 1, menambah jumlah pemain asing di masing-masing tim, melakukan kerjasama dengan JFA serta DFB untuk meningkatkan kualitas Liga, dan yang paling penting adalah memberikan pelatihan kepada para wasit. Untuk pelatihan tersebut, PSSI sudah mendatangkan dua instruktur wasit asal Jepang.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment