Piala Dunia 2022

Info Piala Dunia: Ini 5 Negara Yang Punya Catatan Paling Banyak Bermain di Piala Dunia



Info Piala Dunia: Ini 5 Negara Yang Punya Catatan Paling Banyak Bermain di Piala Dunia
5 Negara Yang Punya Catatan Paling Banyak Bermain di Piala Dunia

NOBARTV NEWS – Info Piala Dunia kali ini akan membahas tentang negara-negara mana saja yang punya catatan keikutsertaan terbanyak di gelaran empat tahunan Piala Dunia.

Untuk diketahui, turnamen antar negara terakbar ini dimulai pada tahun 1930, dengan Uruguay sebagai tuan rumah pertama. Diikuti 13 negara, gelar juara Piala Dunia pertama berhasil diraih tuan rumah Uruguay.

Sejak saat itu, Piala Dunia rutin diadakan selama empat tahun sekali dengan tuan rumah yang berganti-ganti. Hanya pada tahun 1942 dan 1946 gelaran Piala Dunia tidak dilaksanakan akibat Perang Dunia.

Untuk bisa bermain di turnamen ini tidaklah mudah, karena setiap negara harus mengikuti kualifikasi setiap empat tahun sekali. Saking sulitnya persaingan untuk bermain di Piala Dunia, beberapa negara digdaya pernah gagal lolos ke putaran final.

Tercatat sejauh ini, Piala Dunia sudah diselenggarakan selama 21 kali. Berikut adalah jajaran 5 negara yang menjadi langganan di gelaran Piala Dunia sejauh ini.

Meksiko

Sejak Piala Dunia pertama dimulai di Uruguay, Meksiko sudah mengikuti turnamen antar negara ini. Meksiko total mengikuti 17 kali gelaran Piala Dunia.

Meksiko hanya absen pada gelaran empat Piala Dunia saja. Mereka tidak mengikuti Piala Dunia tahun 1934 di Italia, 1938 di Perancis, 1974 di Jerman dan 1982 di Spanyol.

Sepanjang keikutsertaan Meksiko di Piala Dunia, mereka belum pernah sekalipun memenangkan turnamen ini. Prestasi terbaik Meksiko hanya masuk babak delapan besar saja.

Argentina

Berikutnya ada Argentina, negara asal Lionel Messi ini diketahui mengikuti Piala Dunia sebanyak 17 kali. Sama seperti Meksiko, mereka hanya absen empat kali di Piala Dunia tahun 1938,1950, 1954 dan 1970.

Namun Argentina mempunyai nasib yang lebih baik dari Meksiko. Dari 17 keikutsertaanya, Argentina berhasil mencapai partai puncak sebanyak lima kali.

Dari lima Final yang diikuti Argentina, dua di antaranya mereka keluar sebagai juara. Argentina hanya kalah dari Uruguay di Final 1930 dan dua kali kalah atas Jerman di Piala Dunia 1990 dan 2014.

Italia

Gagalnya timnas Italia mengikuti Qatar menjadi kabar yang mengejutkan. Terlebih lagi Italia juga gagal lolos di Piala Dunia edisi sebelumnya.

Kabar mengejutkan itu sangat beralasan mengingat Italia adalah salah satu peserta Piala Dunia dengan gelar juara terbanyak. Sejauh ini Italia mengoleksi empat gelar Piala Dunia, hanya terpaut satu gelar dari Brasil.

Italia pertama kali mengikuti Piala Dunia pada tahun 1934. Saat itu Italia menjadi tuan rumah sekaligus keluar sebagai juara.

Total Italia mengikuti 18 kali Piala Dunia, sejauh ini ia hanya Absen pada Piala Dunia 1930, 1958 dan 2018. Dengan kegagalannya ke Qatar, akan memperpanjang daftar absen Italia di Piala Dunia.

Jerman

Sama seperti Italia, Jerman juga merupakan negara langganan Piala Dunia. Terhitung mereka hanya absen di Piala Dunia 1930 dan 1950.

Selama 18 kali mengikuti gelaran Piala Dunia, Jerman bersanding dengan Italia sebagai negara pemegang empat gelar Piala Dunia.

Selain itu Jerman merupakan negara yang masuk partai Final terbanyak. Total mereka memainkan delapan kali partai Final. Mereka kalah pada Piala Dunia 1966, 1982, 1986 dan 2002.

Brasil

Berbicara tentang Piala Dunia, tidak sah rasanya tanpa menyebutkan Brasil. Negara Samba ini merupakan kampiun terbanyak Piala Dunia dengan lima trofinya.

Selain itu Brasil juga merupakan negara satu-satunya yang belum pernah absen di Piala Dunia. Total Brasil mengikuti Piala Dunia sebanyak 21 kali. Piala Dunia Qatar akan menjadi yang ke 22 untuk Brasil.

Bermodalkan pemain dengan skill individu di atas rata-rata, Brasil berhasil menembus enam kali partai Final Piala Dunia. Mereka hanya kalah atas Perancis di Piala Dunia 1998.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola