Timnas Indonesia

Duh! Nova Arianto Temukan Pemain yang Alami Penurunan Performa ketika TC di Turki

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda telah menyelesaikan agenda pemusatan latihan dan juga uji coba di Turki. Saat ini, sebagian punggawa sudah berada di Spanyol – dan sisanya akan menyusul kemudian. Berdasarkan catatan sang asisten yakni Nova Arianto, ia menemukan pemain yang justru mengalami penurunan performa selama mengikuti pemusatan latihan di Turki.

Sebagaimana diketahui, Turki dan Spanyol adalah dua negara khusus yang dipilih oleh Shin Tae-yong untuk melakukan pemusatan latihan bersama Timnas U-20. STY tentu memiliki alasan khusus mengapa memilih kedua negara itu sebagai tempat mengasah kemampuan dan juga mental anak asuhnya.

Selama TC di Turki, skuad Garuda muda telah menjalani tujuh laga uji coba. Dari ketujuh laga tersebut, Marselino Ferdinan dkk telah mengemas tiga kemenangan, dua imbang, dan dua kali menelan kekalahan.

Garuda muda menang atas Cakallikli Spor (3-1), Antalyaspor U-20 (3-2), dan Timnas Moldova U-20 (3-1). Sedangkan di laga melawan Baerum U-20 and Timnas Moldova U-20 (pertemuan kedua), Garuda muda ditahan imbang dengan skor masing-masing (3-3) dan (0-0). Garuda muda takluk atas tuan rumah Timnas Turki U-20 (2-1) dan tim asal Saudi Pro League Al-Adalah FC (2-0).

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Sebagai seorang pelatih, STY tahu betul bagaimana performa masing-masing anak asuhnya. Namun secara garis besar, Shin dalam beberapa kesempatan uji coba tersebut kerap menyoroti anak asuhnya yang sering kehilangan bola dan lemah dalam finishing. Dalam hal ini, lini depan Garuda muda dirasa perlu ada perbaikan.

Asisten STY Nova Arianto pun turut berkomentar. Nova menyebut terdapat beberapa pemain yang justru mengalami penurunan performa sejak digelarnya pemusatan latihan di Turki ini. Padahal, TC di Turki dikhususkan sebagai sarana agar anak asuh STY itu mengalami perkembangan pesat. Baik itu dari sisi fisik, skill, terutama mental.

“Puji Tuhan program Training Center Timnas U-20 Indonesia di Turki telah selesai dan berjalan dengan baik 🙏 Saat ini fokus kami adalah melihat sejauh mana perkembangan dan performa pemain selama berlatih dan melakukan uji coba selama di Turki,” tulis Nova di akun media sosialnya.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

“Pastinya di catatan kami ada beberapa pemain yang performanya meningkat tetapi ada juga pemain yg performanya menurun dari event terakhir yang diikuti,” lanjut eks pemain Timnas Indonesia itu.

Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan melakukan empat uji selama berada di Spanyol. Dua lawan yang sudah terkonfirmasi adalah Timnas Prancis U-20 dan Timnas Slovakia U-20. Kebetulan, kedua tim yang akan dihadapi skuad Garuda muda ini adalah kontestan 2023. Kedua tim tersebut mewakili UEFA atau tim dari Eropa.

Adapun dua tim lainnya yang bakal menjadi lawan tanding Timnas Indonesia belum dipastikan karena PSSI sendiri masih melakukan penjajakan.

“Selain itu (Vs Prancis dan Slovakia) pada 22 dan 24 juga kembali uji coba. Namun, lawan yang dihadapi masih dalam penjajakan,” bunyi pernyataan resmi PSSI.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment