Timnas Indonesia

STY Bertekad Bawa Indonesia Cetak Sejarah dengan Lolos ke Piala Dunia 2026



NOBARTV NEWS – Mimpi Shin Tae-yong untuk memimpin skuad Garuda muda di sudah hilang. Kini, ia bertekad untuk membawa tim senior Indonesia mentas di Piala Dunia 2026.

Seperti yang diketahui, usaha dan kerja keras STY memimpin anak asuhnya demi tampil maksimal di Piala Dunia U-20 dinyatakan pupus. Pasalnya, FIFA telah menghapus kesempatan skuad Garuda muda untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun ini. Hal itu membuat persiapan yang hampir rampung 100 persen tersebut pupus seketika.

Bagaimana tidak, Hokky Caraka dkk sudah melakukan pemusatan latihan sejak dua setengah tahun yang lalu. Mereka melakukan TC di dalam hingga ke luar negeri. Mereka juga melakukan uji coba dengan berbagai negara Eropa hingga klub-klub Asia selama kurun waktu tersebut. Dari tim yang tidak terlalu diperhitungkan seperti Timnas Moldova U-20 sampai Timnas Prancis U-20 dan Slovakia U-20. Semua tim dilawan Muhammad Ferrari dkk demi menambah kualitas tim.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun sayang seribu sayang, tidak lebih dari dua bulan sejak kick off Piala Dunia U-20, FIFA membatalkan hak Indonesia sebagai tuan rumah – yang di mana, kesalahan itu bukan akibat dari ketidaksiapan pemainnya.

Dengan demikian, Shin Tae-yong sudah dipastikan tidak akan membesut skuad Garuda muda untuk beberapa bulan ke depan. Sebab selain Piala Dunia U-20, tak ada lagi agenda untuk skuad Garuda muda hingga akhir tahun 2023.

Oleh karena itu, Shin mengaku kini akan lebih fokus untuk menukangi senior. Sebab bersama Marc Anthony Klok dkk, Timnas Indonesia memiliki beberapa agenda terdekatnya seperti FIFA Matchday 2023 yang akan kembali bergulir pada bulan Juni mendatang – serta yang tak kalah pentingnya yaitu Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Qatar.

“Kita lihat nanti, walau status tuan rumah Piala Dunia U-20 dicabut, Indonesia bisa saja ada potensi ikut menjadi peserta di negara mana pun, jadi kami akan latihan normal juga,” tutur Shin kepada wartawan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Setelah itu, saya akan fokus ke timnas senior, mulai dari FIFA Matchday Juni, dan ada lagi Piala Asia di Januari tahun depan,” tambah mantan pelatih Korea Selatan itu.

Menariknya, kata Shin lagi, ia kini bertekad untuk membawa Timnas senior ke Piala Dunia tahun 2026 nanti. Sebab seperti yang diketahui sebelumnya, ada perubahan regulasi untuk ajang sepak bola tertinggi di dunia itu.

Sebelumnya, peserta Piala Dunia berjumlah 32 kontestan. Namun untuk tahun 2026 nanti, jumlah peserta Piala Dunia bertambah menjadi 48 dengan 8 di antaranya merupakan kuota untuk tim asal Asia.

“Saya akan siapkan timnas senior itu biar bisa ikut Piala Dunia senior, karena Piala Dunia berikutnya akan ada setidaknya 8 tiket untuk negara Asia, jadi saya akan berusaha mencetak sejarah baru di ASEAN,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments