Kualifikasi Piala Asia 2023

Dibantai Malaysia 5-1, 3 Media Asing Soroti Kekalahan Garuda Asia: Indonesia Lebih Buruk dari Tim Kecil di ASEAN!



NOBARTV NEWS – Kekalahan telak 5-1 dari Timnas Malaysia membuat Garuda Asia gagal melangkahkan kakinya ke Piala Asia U-17 tahun depan. Kekalahan tersebut menjadikan Indonesia finis di posisi kedua grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 di bawah sang rival. Bahkan untuk menjadi runner-up terbaik pun gagal didapatkan oleh anak asuh Bima Sakti itu.

Secara mengejutkan, U-17 yang jauh lebih diunggulkan justru takluk dari Malaysia. Padahal, sebelum kedua tim ini bertemu, Iqbal Gwijangge dkk jelas jauh lebih diunggulkan.

Sejak matchday pertama hingga ketiga, Timnas Indonesia U-17 selalu meraih kemenangan. Bahkan di laga perdananya saja, Arkhan Kaka dkk bantai Timnas Guam U-17 dengan skor mencolok 14-0.

Berlanjut di laga kedua melawan Timnas UEA U-17, anak asuh Bima Sakti itu lagi-lagi kemas kemenangan dengan skor tipis 3-2. Di matchday ke-tiga ketika bertemu dengan Palestina, Timnas Indonesia U-17 menang lagi dengan skor 2-0.

Adapun Malaysia, dari tiga laga yang sudah dijalani sebelum berhadapan dengan Indonesia, anak asuh Osmera bin Omaro itu hanya meraih 2 kali kemenangan. Mereka bahkan harus bermain imbang 1-1 dengan Guam.

Sehingga, kekalahan telak Indonesia dari mereka menjadi tanda tanya yang cukup besar. Sempat diunggulkan, namun ternyata harus gigit jari karena kalah di kandang sendiri. Beberapa media luar negeri pun memberikan tanggapannya. Berikut tiga media yang turut memberitakan laga Indonesia Vs Malaysia semalam.

1. Semuanya Bola (Media Malaysia)

Media Malaysia semuanyabola bahagia betul dengan kemenangan yang diraih oleh anak asuh Osmera bin Omaro itu. Media tersebut bahkan memuat dua artikel pasca pertandingan yang dimenangkan oleh Harimau Malaya muda itu.

Kedua artikel tersebut berisikan informasi tentang Timnas Malaysia yang sukses mengganyang Indonesia dan di artikel kedua berisikan pujiannya kepada lini belakang negaranya.

Judul pertama yang ditulis adalah “Kelayakan Piala Asia B-17: Seri Bertemu Guam Bukan Ukuran Sebenar, Malaysia Ke Pusingan Akhir Selepas ‘Ganyang' Indonesia 5-1.”

Kemudian di artikel berikutnya semuanyabola menurunkan artikel dengan judul “Kelayakan Piala Asia B-17: Pertahanan Terlalu ‘Ceroi' Jadi Faktor Malaysia Mudah Benam Indonesia,”

2. The Thao 247 (Media Vietnam)

Seperti biasa, kekalahan Timnas Indonesia pasti menjadi headline di media Vietnam. The Thao termasuk salah satu media asal Vietnam yang gemar dan kerapkali memuat berita terkait Timnas Indonesia dan segala macam perjalanannya.

Dalam artikel terbaru yang The Thao buat, The Thao menyebut kekalahan Indonesia sebagai sesuatu yang memalukan. Tak segan, The Thao mengkalim Indonesia lebih buruk dari tim kecil di ASEAN.

“Gagal dengan memalukan, Indonesia lebih buruk dari tim kecil di ASEAN,” tulis The Thao.

“Dengan melihat fakta ini, bahwa Laos tunjukkan perkembangan sepak bola muda yang cukup baik. Sebaliknya, kegagalan timnas U-17 menjadi sinyal melambatnya perkembangan sepak bola Indonesia,” tutup The Thao dalam pemberitaannya.

3. CNN Indonesia (Media Amerika Regional Indonesia)

Media internasional CNN yang juga memiliki cabang di Indonesia – CNN Indonesia juga memberitakan kekalahan tersebut. Dalam artikel yang dimuat olehnya, CNN lebih menyoroti komentar yang keluar dari Bima Sakti usai laga. Bahwa dalam laga tersebut skuad Garuda Asia kalah mental dari sang lawan.

“Tekanan tadi sangat tinggi, masalah mental memang harus diperbaiki dan atmosfer lawan Malaysia itu luar biasa dan berbeda. Makanya gol [Malaysia] sangat cepat dan membuat kami down lalu melakukan kesalahan yang sama,” ujar Bima Sakti dilansir dari CNN Indonesia.

“Saya bilang ke pemain untuk ambil pelajaran karena karier mereka masih panjang,” tutup Bima.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments