Timnas Indonesia

Komitmen Erick Thohir Bikin Persis Ikhlas Kehilangan Ramadhan Sananta



NOBARTV NEWS – Persis Solo akhirnya melepas Ramadhan Sananta ke begitu anak asuh Indra Sjafri itu lolos ke 16 besar Asian Games 2022. Dalam keterangan yang disampaikan oleh Persis, klub asal Jawa Tengah itu ikhlas melepas sang pemain berkat komitmen dari Ketum PSSI Erick Thohir.

Diketahui, beberapa waktu lalu, skuad Garuda dinyatakan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022. Kelolosan itu tak lepas dari status skuad Garuda yakni sebagai salah satu peringkat tiga terbaik dalam fase grup.

Walaupun di fase grup tersebut skuad Garuda hanya meraih satu kemenangan dan dua kali menderita kekalahan, namun Rizky Ridho dkk berhak lolos ke fase gugur. Di fase grup kemarin, skuad Garuda menang atas Timnas Kirgistan U-24 dengan skor akhir 2-0. Namun di dua laga lainnya, mereka takluk atas Timnas China Taipei U-24 (1-0) dan Timnas Korea Utara U-24 (1-0). Alhasil, torehan tersebut membuat Timnas Indonesia finis di peringkat tiga klasemen akhir grup F.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

Walaupun demikian, seperti yang disebutkan tadi, skuad Garuda tetap dinyatakan lolos ke fase knock-out tersebut.

Sayangnya, di babak 16 besar, Timnas Indonesia U-24 hanya berkekuatan 20 pemain saja. 20 pemain tersebut itulah yang bahu membahu selama fase grup kemarin. Padahal, berdasarkan regulasi yang diterapkan, setiap kontestan Asian Games berhak untuk mendaftarkan 22 pemain. Namun bagi Timnas Indonesia tidak. Dua pemain Garuda muda yang sempat didaftarkan tak bisa bermain. Ramadhan Sananta tak dilepas oleh klubnya meskipun namanya sudah masuk dalam daftar pemain. Sedangkan satu pemain lainnya yaitu Beckham Putra masih dibekap cedera hingga saat ini.

Tapi beruntungnya, berdasarkan keterangan terbaru yang disampaikan oleh Persis yang tak lain adalah klub Sananta, tim asal Jawa Tengah itu akhirnya ikhlas melepas sang pemain. Di awal, Persis mengaku tak bisa melepas Sananta karena Laskar Sambernyawa tengah dalam krisis pemain depan. Namun kini, dengan lolosnya skuad Garuda ke 16 besar Asian Games, serta didorong dengan komitmen yang disampaikan Erick Thohir, Persis kini rela melepas sang bomber andalannya.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

“Kami mengapresiasi keputusan Ketua Umum PSSI (Erick Thohir) yang berkomitmen untuk memperbaiki jadwal liga agar tidak berbenturan dengan jadwal timnas di kemudian hari,” tulis Persis dalam keterangan resminya.

“Persis juga sudah berkoordinasi, bahwa Sananta akan langsung bergabung bersama tim setelah selesai menunaikan tugas kenegaraan bersama timnas,” ujar Persis lagi.

“Karena bagi Persis, keputusan ini bisa menjadi jalan tengah untuk kepentingan bersama, sehingga tujuan kompetisi agar PSSI mendapatkan bermain berkualitas bisa sejalan dengan visi-misi para anggota.”

“Melepas Sananta ke timnas bukan berarti melepas target tiga angka pada laga selanjutnya kontra Persija, yang akan berlangsung di Stadion Manahan pada Sabtu (30/9) mendatang,” terang Persis Solo.

“Persis berharap, keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter, dan masyarakat Solo untuk bisa memenangkan laga kandang terakhir di bulan September. Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak,” tutup keterangan klub yang berkandang di Stadion Manahan Solo itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid