Timnas Indonesia

STY Minta Skuad Garuda Muda Main Serius di Piala Asia U-20 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Meskipun langkah Indonesia sudah dipastikan ada di putaran final 2023, namun Shin Tae-yong tetap meminta anak asuhnya main serius di Piala Asia U-20 2023. Sebab turnamen ini (Piala Asia U-20) sejatinya merupakan even sekaligus ajang seleksi untuk tampil di Piala Dunia U-20.

Diketahui, bakal menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2023. Oleh sebab itu, Hokky Caraka dkk sudah mendapatkan satu tempat di turnamen itu.

Hingga saat ini, beberapa perwakilan dari zona Concacaf, Oceania, Eropa, hingga Amerika Latin telah memastikan perwakilannya di ajang bergengsi tersebut. Namun khusus untuk Asia dan Afrika, kedua benua tersebut belum memastikan perwakilannya. Maka daripada itu, lewat Piala Asia U-20 dan U-20, akan dipilih 8 kontestan lagi untuk melengkapi 24 tim yang akan berpartisipasi.

Akan tetapi bagi Timnas Indonesia, mereka tidak membutuhkan hasil baik di Piala Asia U-20 ini. Karena target mutlak yang diusungnya tidak seperti tim lain yang akan berpartisipasi.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Meskipun demikian, sebagai pelatih, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya untuk tetap tampil serius. Ia ingin skuad Garuda muda bermain layaknya belum mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-20. Dengan begitu, mereka akan tampil lebih serius dan berani. Singkatnya, skuad Garuda muda harus menganggap diri mereka setara dengan kontestan lainnya di Piala Asia U-20 – kalau di even tersebut mereka sedang sama-sama mengejar tiket ke Piala Dunia U-20.

“Jadi bulan Mei kita akan ikut Piala Dunia, tetapi jangan menganggap kita sudah lolos. Jadi lebih baik anggap saja kita belum lolos dan dapat tiket ke Piala Dunia. Jadi anggap kita baru mulai dari Piala Asia,” kata Shin Tae-yong.

“Memang sering kali dibicarakan kepada pemain, jika kita ketemu lawan tim yang lebih kuat dari kita. Kita pasti menyerah lebih dulu sebelum bertanding. Di dunia menang kalah seperti sepak bola ini, kita tidak boleh punya mental seperti itu. Harusnya kita berpikir kita bisa menang dengan lebih banyak berlari daripada lawan,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Kita masuk ke lapangan itu seharusnya berpikir kita bisa memenangkan pertandingan dan kita akan mati dalam lapangan. Kita harus berpikir begitu saat kita bertanding,” ujarnya memungkasi.

Keseriusan Timnas Indonesia di even Piala Asia U-20 ini akan diuji pertama kali sejak fase grup. Dijadwalkan, Hokky Caraka dkk akan berhadapan dengan tiga tim kuat di grup A yakni Timnas Irak U-20, Suriah U-20, dan terakhir Uzbekistan U-20.

Partai tersebut akan dimulai sejak 1 Maret dan akan berakhir pada 8 Maret 2023. Setelah itu, Garuda muda akan kembali ke Indonesia guna mempersiapkan diri untuk even yang jauh lebih penting lagi (Piala Dunia U-20).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments