Piala Dunia 2022

Hasil Jerman vs Jepang: Comeback Dramatis! Dua Gol Kejutan Dari Tim Samurai Biru



NOBARTV NEWS – Laga yang penuh dengan haru kembali hadir dalam laga antara Jerman versus Jepang. Di mana tim salah satu wakil Asia tersebut berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-2.

Jepang mencetak dua gol di menit-menit akhir. Sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama lewat Ilkay Gundogan 33′ (P), Tim Samurai biru berhasil memberikan kejutan Jerman dengan membalikan keadaan menjadi 1-2 dalam pertandingan pembuka Grup E tersebut.

Gelandang Jerman, Ilkay Gundogan. Memberi Jerman keunggulan lewat penalti pada menit ke 33′. Pemain depan Jerman, Kai Havertz. Sebenarnya sempat menambah keunggulan menjelang turun minum. Namun, gol tersebut dianulir oleh wasit karena offside.

Namun, Jepang berhasil membalasnya pada 15 menit terakhir. Gol dari Striker Jepang Ritsu Doan pada menit ke 75′ dan Takuma Asano 83′ menjadi mimpi buruk bagi Jerman. Sekaligus menjadi sejarah baru bagi Jepang dengan kemenangan pertamanya atas Jerman.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Jerman telah menekan pertahanan Jepang sejak menit awal. Namun, pertahanan kokoh dan rapi yang ditunjukkan oleh Samurai Biru sangat sulit untuk di tembus.

Jepang sendiri lebih memilih untuk mengandalkan serangan balik dari pada bermain terbuka. Lebih unggul dari segi postur tak membuat Jerman mudah untuk bisa leluasa memainkan si kulit bundar.

Taktik tersebut hampir membuahkan hasil. Serangan balik cepat yang ditunjukkan oleh Jepang usai berhasil merebut bola dari kaki pemain Jerman, sukses menggetarkan jala gawang Jerman lewat sontekan Maeda di tiang jauh pada menit kedelapan. Sayang sekali gol tersebut dianulir oleh wasit karena Maeda telah terperangkap offside terlibih dulu.

Serangan demi serangan yang dilakukan oleh Jerman akhirnya membuahkan hasil setelah pada menit ke-31. David Raum yang telah berhadapan langsung dengan kiper Jepang kemudian dijegal oleh Gonda. Pelanggaran tersebut membuahkan hadiah penalti bagi Jerman. Ilkay Gundogan sukses mengeksekusinya dengan baik.

Babak Kedua

Tidak menurunkan tempo permainannya, Jerman terus menggempur lini pertahan Jepang. Serge Gnarby sempat mengancam gawang Jepang pada menit ke-47. Tapi tendangan Serge Gnarby tersebut masih melenceng dari target.

Tidak hanya itu, Jama Musiala juga berhasil menunjukkan skill individunya pada menit ke-51. Ia berhasil menerobos ke dalam kotak penalti di tengah-tengah kerumuna pemain Jepang. Namun tembakannya masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Jepang mencoba memberikan tekanan balik terhadap Jerman. Bukannya berhasil mencetak gol, gawang Jepang malah hampir kebobolan lewat aksi sepakan Gundogan yang mengenai tiang kiri gawang Jepang pada menit ke-59.

Serangan demi serangan terus dilakukan oleh kedua tim. Meskipun Jerman lebih menguasai jalannya pertandingan tersebut, 74% berbanding 26%. Namun, Jerman belum juga mampu menambah keunggulan.

Jepang akhirnya mendapatkan kesempatan pada menit ke-75. Samurai Biru berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Minamino berhasil masuk ke dalam lini pertahanan Jerman sebelum akhirnya melepaskan tembakan dan berhasil dipotong oleh Neuer. Bola liar tersebut berhasil di sambar oleh Ritsu Doan dan berhasil mecatatkan namanya di papan skor.

Delapan menit kemudian, Jerman dikagetkan oleh serangan cepat Takuma Asano yang menyambut umpan panjang dari belakang dan kemudian berhasil dikontrol dengan baik. Takuma Asano berhasil melesatkan tembakan dari sisi sebelah kiri gawang Neuer. Hingga skor berubah menjadi 1-2 dan bertahan hingga pertandingan berakhir.

Susunan Pemain Sejak Menit Awal

Jerman: Manuel Neuer, Niklas Sule, Antonio Rudiger, Nico Schlotterbeck, David Raum, Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan, Serge Gnabry, Thomas Muller, Jamal Musiala, Kai Havertz

Jepang: Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Ko Itakura, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Ao Tanaka, Wataru Endo, Junya Ito, Daichi Kamada, Takefusa Kubo, Daizen Maeda

Jerman akan menghadapi tim kuat Spanyol pada laga selanjutnya. Laga tersebut akan menjadi sangat berat bagi Jerman pastinya. Mengingat situasi yang tidak menguntungkan ini bagi Jerman.

Sementara itu, Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada hari Minggu nanti. Modal penting dan sangat berharga ini akan membuat Jepang lebih bringas menjalani laga-laga selanjutnya.

Ainur Rifki

Seorang pengembara yang memilik hobi bola dan mencari kesenangan

37 Comments

      1. Babak kedua Jepang mulai main menyerang, melihat sisi kanan jerman sangat lemah akhirnya Jepang memasukan sayap kiri mitoma menggantikan seorang bek, lalu masuk juga minamino utk membantu mitoma di sisi kiri