Timnas Indonesia

Pelatih Vietnam Akui Dirinya Pura-pura Cek-cok dengan STY di Piala AFF 2022



NOBARTV NEWS – Pelatih Vietnam di 2022 Park Hang-seo mengungkapkan fakta menarik. Ia menyebut cek-coknya dengan Shin Tae-yong di turnamen tersebut hanya pura-pura semata.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF baru saja selesai digelar. Timnas Thailand resmi keluar sebagai juara setelah menumbangkan perlawanan Timnas Vietnam di partai final. Skuad berjuluk Gajah Perang itu menang dengan skor agregat 3-2.

Akan tetapi, pertandingan tersebut lebih dari itu. Banyak sekali drama dan kontoversi yang terjadi di turnamen tersebut. Seperti pertandingan keras, protes kepada wasit, hingga cek-cok dan saling sindir antar pelatih. Kebetulan, pelatih yang sempat saling sindir adalah pelatih Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam Park Hang-seo. Dan lucunya, kedua pelatih tersebut berkewarganegaraan Korea Selatan.

Sebelum laga, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo terlibat urat syaraf. Puncaknya adalah ketika kedua tim bertemu di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Đình Stadium.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

“Saya setuju bahwa Vietnam memiliki pertahanan yang sangat terorganisasi dengan baik, pertahanan yang ketat. Leg pertama semifinal tanpa gol, bukan karena serangan mereka. Kami buruk dalam penyelesaian. Meskipun kami melewatkan beberapa gol, Indonesia menciptakan beberapa peluang bagus dan melakukan transisi dari bertahan ke menyerang dengan sangat baik,” kata Shin Tae-yong sebelum leg kedua tersebut.

“Saya tidak terbiasa menilai kinerja pelatih lain. Meski diakui, Indonesia memang lebih kuat pada saat ini. Namun, saya tegaskan, mereka harus bisa membuktikannya di laga besok. Jika saya kalah, saya akan mengakui kekalahan itu dengan fair. Namun, jika mereka kalah, maka pelatih mereka harus berhenti mengatakan hal-hal seperti itu,” balas Park Hang-seo saat itu.

Peran urat syaraf tersebut berlanjut hingga pinggir lapangan. Kedua pelatih tak saling berjabat tangan dari dua pertemuannya di babak semifinal itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun menariknya, baru-baru ini, Park Hang-seo membongkar perseteruannya dengan Shin Tae-yong saat itu. Kata Park, cek-coknya dengan Shin adalah kepura-puraan semata. Cek-cok itu sengaja dilakukannya dengan tujuan memengaruhi psikologis lawannya. Bahkan Park mengaku hubungannya dengan Shin Tae-yong saat ini sangat baik.

“Hubungan kami masih sangat dekat. Hingga saat ini, bahkan di Korea Selatan. Ketika memasuki pertandingan, kami memang sengaja membuat situasi tersebut untuk mempengaruhi lawan melalui psikologis,” kata Park Hang-seo.

“Saya selalu menjawab dengan jelas. Tapi, beberapa kasus saya lihat ucapan saya diunggah secara sebagian,” tambah eks asisten pelatih Timnas Korea Selatan U-20 itu.

“Kami kompatriot, bekerja di luar negeri, tidak ada alasan bagi kami untuk saling membenci satu sama lain. Kami justru harus saling menghormati. Tidak ada masalah siapa yang menang atau kalah, di akhir pertandingan, hubungan kami akan tetap baik,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

12 Comments