Timnas Indonesia

Alasan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Dipermalukan Irak 5-1



NOBARTV NEWS dipermalukan Irak dalam ajang 2026. Tak tanggung-tanggung, gawang Nadeo dibobol sebanyak lima kali oleh sang lawan. Lantas, apa kata STY pasca kekalahan memilukan tersebut?

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi (16/11), Timnas Indonesia melakukan lawatannya ke markas Irak di Basra International Stadium. Laga melawan tim asal timur tengah ini bertajuk matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F.

Ya, sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong itu harus memulai perjuangannya untuk sampai ke Piala Dunia 2026 lewat ronde pertama terlebih dahulu. Di ronde pertama bulan lalu, mereka dihadapkan dengan Timnas Brunei Darussalam. Namun beruntung, melawan tim sesama Asia Tenggara itu, Marc Klok dkk menang mutlak dengan skor agregat 12-0. Hasil itu membuat skuad Garuda lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia – tepatnya di grup F.

Dalam grup F tersebut, skuad Garuda sudah dinanti oleh Timnas Irak, Timnas Vietnam, dan Timnas Filipina. Dan pada bulan November ini, dua dari tiga tim yang tergabung dalam grup tersebut menjadi lawan skuad Garuda. Pertama adalah Timnas Irak dan kedua Timnas Filipina.

Malam tadi, punggawa Timnas Indonesia dijamu oleh Irak di Basra International Stadium. Seperti yang diberitakan sebelumnya, laga tandang tersebut diselimuti oleh suporter tuan rumah. 65 ribu suporter Irak begitu mengancam mental skuad Garuda.

Alasan Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia Dipermalukan Irak 5-1
Shayne Pattynama dalam laga Irak vs Indonesia

Dan benar saja, diiringi dengan berisiknya suporter tuan rumah. Ditambah dengan kualitas para pemain lawan, skuad Garuda dibekap Irak dengan skor telak 5-1. Sejatinya, ketika Irak sudah unggul 2-0, Timnas Indonesia sempat memperkecil kedudukan lewat sepakan keras Shayne Pattynama. Sayangnya, bukannya mampu membalikkan keadaan, gawang Nadeo justru dibobol tiga kali lagi pasca Indonesia memperkecil kedudukan.

Pasca pertandingan, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan statementnya. Shin menyebut alasan utama timnya mengalami kekalahan adalah karena faktor kelelahan

“Irak memainkan pertandingan yang hebat. Kelelahan menjadi faktor penting setelah perjalanan panjang,” terang Shin Tae-yong.

Meskipun demikian, Shin masih tetap optimis dengan skuad yang dimilikinya. Ia berharap bisa menebus kekalahan semalam dengan mencetak kemenangan di laga berikutnya. Dijadwalkan, pada tanggal 21 mendatang, Timnas Indonesia akan kembali bermain di fase grup F tersebut dengan melawan Timnas Filipina. Laga melawan The Azkals akan tersaji di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina.

“Saya berharap kami bisa memberikan yang terbaik. Saya harap kami bisa menebusnya di pertandingan berikutnya,” paparnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid