Timnas Indonesia

Ketum PSSI Memohon Agar Klub Lepas Pemainnya ke TC Timnas Indonesia U-20

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyambangi sesi latihan U-20 sebelum mereka tampil di Piala Asia U-20 2023. Di kesempatan tersebut, sama seperti Shin Tae-yong sebelumnya, pria yang biasa disapa Iwan Bule itu juga meminta klub untuk melepas pemainnya.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong tak henti-hentinya mengeluhkan kondisi skuadnya saat ini. Sebab dari 30 pemain yang dipanggilnya sejak Januari kemarin, lebih dari lima pemain belum juga bergabung. Mirisnya, dua klub yakni Persija dan Persib sengaja menahan pemainnya itu karena alasan kompetisi domestik sedang berlangsung.

Bahkan Persija menyerahkan satu persatu pemainnya. Dari sembilan pemain yang dipanggil, Persija awalnya keberatan untuk melepas mereka. Namun kemudian tim ibu kota itu akhirnya melepas empat nama. Tak berselang kemudian, mereka menyerahkan satu pemain lagi. Namun empat pemain lainnya yakni Muhammad Ferarri, Alfriyanto Nico, Dony Tri Pamungkas, dan Cahya Supriadi masih berada di klub tersebut sampai saat ini.

Sementara itu, klub lainnya yakni Persib Bandung juga masih menahan tiga pemainnya yaitu Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Total terdapat sembilan pemain yang belum bergabung termasuk Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang saat ini sedang berada di luar negeri.

Akibat hal tersebut, Shin Tae-yong pun mengeluh. Dia hanya bisa melatih 21 pemain di saat para pesaingnya di Piala Asia U-20 seperti Irak, Suriah, hingga Uzbekistan melakukan persiapan maksimal. Bahkan, Timnas Indonesia terancam tak bisa diperkuat oleh Marselino dan Ronaldo hingga TC ini berakhir. Sebab Marselino sudah terikat kontrak dengan klub Belgia KMSK Deinze sedangkan Ronaldo sedang dalam proses trial di salah satu klub Turki.

Atas dasar itu, Shin Tae-yong meminta mereka untuk sesegera mungkin datang ke TC tersebut. Sebab di waktu yang amat dekat juga, skuad Garuda muda akan mengikuti turnamen mini yang akan diselenggarakan oleh PSSI. Jadi, Timnas Indonesia U-20 akan bertanding melawan Fiji U-20, Guatemala U-20, dan Republik Dominika U-20 sebelum mentas di Piala Asia U-20 nanti. Turnamen mini tersebut dilaksanakan sebagai ajang uji coba sebelum tampil di even yang lebih besar.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Namun sayangnya, di saat planning tersebut sudah dibuat, skuad Garuda tak berkekuatan penuh. Jadi, adalah hal yang wajar jika Shin mengeluh. Bahkan, tak hanya Shin saja, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun turut angkat bicara. Iwan Bule sampai memohon kepada klub untuk merelakan pemainnya bergabung dengan TC Garuda muda.

“Sekarang hadir 21 dari total 30 pemain yang direncanakan dalam list yang saya tanda tangani untuk bisa berlatih anak-anak Timnas Indonesia U-20 ini. Yang dua memang sedang di luar, Marselino dan Ronaldo Kwateh,” kata Iriawan.

“Kemudian tujuh lagi belum dikirim, yaitu empat dari Persija dan tiga dari Persib,” ujarnya menambahkan.

“Saya harapkan dalam 1-2 hari ini mereka bisa segera bergabung karena diperlukan kehadirannya oleh tim pelatih.”

“Kami mohon kepada teman-teman di klub, anak-anak di timnas mohon segera untuk digabungkan dengan teman-temannya yang sudah ada di latihan di Jakarta,” tutup mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments