Timnas Indonesia

Lini Bertahan Timnas U-22 Catatkan Rekor Menarik Dibandingkan 3 Edisi Terakhir



NOBARTV NEWS – Lini bertahan U-22 sangat sempurna dalam tiga pertandingan awal mereka di SEA Games 2023. Bahkan, kecemerlangan pertahanan Timnas Indonesia U-22 kali ini lebih baik dari tiga edisi SEA Games sebelumnya.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia U-22 pimpinan Indra Sjafri baru saja menyelesaikan tiga dari empat pertandingan mereka di grup A SEA Games 2023. Tergabung di grup A bersama Timnas Filipina U-22, Timnas Myanmar U-22, Timnas Timor Leste U-22, dan Timnas Kamboja U-22, Rizky Ridho dkk hanya belum melawan tim yang disebut terakhir saja. Selain itu, ketiganya sudah menjadi lawan dan menjadi korban ganasnya skuad Garuda.

Pada pertandingan pertamanya Sabtu 29 April lalu, skuad Garuda menghantam Timnas Filipina U-22 dengan skor telak 3-0. Kecemerlangan tersebut kembali berlanjut di pertandingan kedua kontra Timnas Myanmar U-22 (04/05). Dalam pertandingan yang juga berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja itu, Marselino Ferdinan dkk kembali mengamuk. Lima gol tanpa balas bersarang ke gawang anak asuh Michael Feichtenbeiner (pelatih Timnas Myanmar U-22) itu.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Adapun di laga ke-tiga yang berlangsung pada Minggu 7 Mei kemarin, skuad Garuda menang atas Timnas Timor-Leste U-22 dengan skor 3-0. Tiga gol dihasilkan dari sundulan Ramadhan Sananta dan dua gol lainnya dari kaki Fajar Fathurrahman.

Di samping banyaknya gol yang berhasil dicetak itu, kredit khusus tentunya harus diberikan kepada barisan lini belakang. Sebab dalam tiga pertandingan awal Timnas Indonesia, gawang skuad Garuda tak pernah dibobol sama sekali. Kecemerlangan lini belakang tersebut menjadi yang terbaik jika dibandingkan dengan tiga edisi sebelumnya.

Berikut tiga edisi SEA Games sebelum edisi tahun ini:

1. SEA Games 2021

SEA Games edisi 2021 merupakan yang terburuk di antara tiba edisi ke bawahnya. Di laga perdananya di fase grup, Timnas Indonesia langsung dipermalukan oleh skuad Vietnam 3-0.

Di laga keduanya, skuad Garuda yang saat itu dinakhodai oleh Shin Tae-yong mampu menang dengan skor akhir 4-1. Berlanjut di laga ke-tiganya, Witan Sulaeman dkk kembali menang atas Filipina 4-0. Sementara itu, di laga pamungkasnya mereka menang atas Myanmar 3-1.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dalam tiga pertandingan awal tersebut, skuad Garuda dibobol sebanyak 3 kali.

2. SEA Games 2019

Tahun 2019, Filipina terpilih sebagai tuan rumah. Menariknya, di laga perdananya di fase grup, skuad Garuda sukses menumbangkan Timnas Thailand 2 gol tanpa balas. Berlanjut ke laga kedua, skuad Garuda kembali mencatatkan kemenangan atas Timnas Singapura 2-0.

Namun sayangnya, di pertandingan ketiga mereka tumbang atas Timnas Vietnam 2-1. Sementara itu, di laga keempat dan kelima, skuad Garuda menang atas Timnas Brunei Darussalam (8-0) dan Laos (4-0). Jadi, dalam tiga laga awal tersebut, skuad Garuda hanya dibobol 2 kali saja dan itupun dari Timnas Vietnam.

3. SEA Games 2017

Dalam tiga awal fase grup SEA Games 2017, gawang skuad Garuda hanya dibobol sebanyak satu kali. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang skuad Garuda dihasilkan ketika mereka bermain imbang 1-1 dengan Timnas Thailand. Sementara itu, di laga-laga lainnya, Timnas Indonesia selalu meraih kemenangan.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid