Timnas Indonesia

Media Spanyol Estadio Deportivo Soroti Debut Jordi Amat dengan Timnas Indonesia



NOBARTV NEWS – Media asal Spanyol Estadio Deportivo menyoroti debut Jordi Amat di laga melawan Kamboja pada matchday pertama 2022, kemarin. Media tersebut merekam perjalanan karir sang pemain sejak membela Timnas Spanyol – hingga akhirnya memilih untuk melanjutkan karirnya sebagai pemain .

“Jordi Amat telah menunaikan mimpinya menjadi kenyataan. Ia melakukan debutnya dalam kemenangan Indonesia atau Kamboja,” tulis headline berita yang dimuat oleh Estadio Deportivo.

Lebih lanjut, media tersebut merekam bagaimana perjuangan Amat sehingga bisa memperoleh kewarganegaraan barunya tersebut. Dimulai sejak satu tahun yang lalu, Amat berjuang untuk mendapatkan pasport Indonesia. Hingga beberapa minggu yang lalu, ia akhirnya resmi menjadi WNI setelah melakukan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI.

Amat juga disebut sebagai salah satu bek tengah yang cukup disegani di era Quique Setién memimpin Real Betis pada musim 2017-2018. Saat itu, Betis diperkuat oleh beberapa pemain penting yang sampai hari ini masih menjadi andalan untuk klubnya masing-masing. Sebut saja seperti Fabian Ruiz, Joel Campbell, Joaquín, Cristian Tello, hingga Antonio Sanabria.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Selain itu, media tersebut juga mengisahkan perjalanan Amat ketika bermain untuk Timnas Spanyol U-21. Saat itu, Amat tampil di bawah kendali sang pelatih Luis Milla. Ketika diasuh oleh pelatih yang kini membesut Persib Bandung itu, Amat tampil sebanyak 16 kali. Dalam salah satu pertandingan menghadapi Belgia U-21 di , Amat menjabat sebagai kapten tim. Yang lebih mengerikan, saat itu Amat bermain dengan pemain bintang seperti Alvaro Morata (Atletico Madrid), Kepa Arizabalaga (Chelsea), Dani Carvajal (Real Madrid), Saúl Ñíguez (Atletico Madrid), hingga José Gayà (Valencia).

“Nenek saya banyak mendukung selama saya berkarir dalam sepak bola,” jawab Amat dikutip dari Estadio Deportivo terkait alasan ia memilih untuk melanjutkan karir sebagai pemain Timnas Indonesia.

Amat juga dipuji karena duetnya bersama Fachruddin Aryanto di laga debutnya itu. Berdasarkan catatan yang dihimpun dari Estadio Deportivo, Amat membuat 62 umpan tepat dengan tingkat keberhasilan 93%, 3 pelanggaran, dan 2 clearances. Media tersebut menyebutnya sebagai debut yang bagus bagi seseorang yang baru pertama kali bermain di level yang berbeda.

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

Namun sayang, di laga kedua Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Amat dicadangkan oleh sang pelatih Shin Tae-yong. Hal ini dikarenakan Shin jauh lebih membutuhkan Amat ketika skuad Garuda menjamu Timnas Thailand di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada matchday ketiga nanti. Dijadwalkan, duel tersebut akan tersaji pada esok, 29 Desember 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid