Timnas Indonesia

Sudah Diumumkan, Garuda Muda Satu Pot dengan Italia dan Prancis di Piala Dunia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Pembagian pot untuk drawing 2023 sudah resmi diumumkan. Tuan rumah dipastikan berada di pot 1 bersama tim-tim kuat seperti Italia dan Prancis.

Sebagaimana diketahui, seluruh kontestan untuk Piala Dunia U-20 2023 sudah dipastikan. AFC (Asia) menjadi federasi terakhir yang mengirimkan perwakilannya. AFC resmi mengirim Uzbekistan U-20, Irak U-20, Korea Selatan U-20, dan Jepang U-20.

Menariknya, di Piala Dunia U-20 tahun ini ada lima tim asal Asia karena Timnas Indonesia U-20 sudah dipastikan lolos sebab statusnya sebagai tuan rumah. Sementara itu, Oceania menjadi federasi paling sedikit menyumbangkan tim. Hanya Timnas Selandia Baru U-20 dan Fiji U-20 saja yang merupakan wakil dari Oceania.

UEFA (Eropa) yang sama-sama kita ketahui sebagai kiblat sepak bola dunia menjadi federasi dengan jumlah tim terbanyak yang mentas di even tersebut. Ada lima tim asal Eropa yakni Timnas Italia U-20, Prancis U-20, Slovakia U-20, Inggris U-20, dan Israel U-20.

Adapun dari zona Concacaf, ada Timnas Amerika Serikat U-20, Honduras U-20, Guatemala U-20, dan Republik Dominika U-20. Di zona Amerika Latin (Conmebol), empat tim turut menyertai yaitu Timnas Uruguay U-20, Ekuador U-20, Brasil U-20, dan Kolombia U-20.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Adapun Afrika (CAF), benua hitam akan diwakili oleh Timnas Senegal U-20, Nigeria U-20, Tunisia U-20, dan Gambia U-20.

Jadi, total jumlah seluruh tim yang akan bermain di Piala Dunia U-20 ini sebanyak 24 tim yang dibagi menjadi empat pot. Setiap pot diisi sesuai dengan kekuatan tim. Sebagai contoh, pot 1 akan diisi oleh tim-tim terbaik di seluruh dunia. Namun untuk tuan rumah, dari mana pun asalnya, bagaimana kualitas tim-nya, maka ia berhak masuk ke pot 1. Itu lah keistimewaan dari tuan rumah. Oleh sebab itu, dalam hal ini, tuan rumah Indonesia akan berada di pot 1 bersama dengan tim-tim kuat dari berbagai negara.

Nantinya, tim yang berada di pot yang sama tidak akan mungkin tergabung dalam satu grup. Sama halnya seperti kemarin yang di mana Timnas Qatar tergabung di pot 1 dan terhindar melawan tim-tim kuat seperti Belgia hingga Brasil.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dalam hal ini, di Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia berada satu pot dengan Timnas Italia U-20, Timnas Uruguay U-20, Timnas Amerika Serikat U-20, Timnas Prancis U-20, dan Timnas Senegal U-20. Skuad Garuda muda dipastikan bergabung di grup A dan dipastikan tak akan berada di grup yang sama dengan lima tim yang disebutkan tadi.

Agar lebih mudah dipahami, setiap pot diisi oleh enam tim. Jumlah pot ada 4. Sehingga setiap grup nanti akan diisi oleh 4 tim yang diambil dari masing-masing pot. Tim yang berada di pot yang sama tidak akan saling berhadapan di fase grup.

Berikut Pembagian Pot untuk Drawing Piala Dunia U-20 2023 Indonesia:

Pot 1: Indonesia, Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal, Italia

Pot 2: Inggris, Selandia Baru, Brasil, Kolombia, Ekuador, Korea Selatan

Pot 3: Nigeria, Uzbekistan, Irak, Honduras, Fiji, Jepang

Pot 4: Guatemala, Dominika, Gambia, Israel, Slovakia, Tunisia

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments