Timnas Indonesia

Dipanggil Perkuat Timnas Belanda U-20, Justin Hubner Klarifikasi

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, nama Justin Hubner tertulis dalam daftar pemain yang diminta untuk bergabung dalam TC Timnas Belanda U-20. Padahal, pemain yang bersangkutan sedang dalam proses naturalisasi untuk menjadi WNI. Kemarin, Justin Hubner mengklarifikasi pemanggilan tersebut.

Sebagaimana diketahui, PSSI dan Pemerintah RI memang tengah memproses tiga pemain muda yang diproyeksikan tampil di 2023. Ketiga pemain tersebut adalah Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers U-21), Ivar Jenner (FC Utrecht U-21), dan terakhir Rafael Struick (ADO Den Haag).

Ketiga pemain tersebut merupakan pilihan Shin Tae-yong. Bahkan ke-tiganya sudah menunjukkan bukti bahwa mereka layak menjadi WNI di hadapan Shin Tae-yong secara langsung.

Selain ketiga nama tersebut, PSSI juga baru saja selesai menaturalisasi tiga pemain senior. Ketiganya adalah Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Sandy Walsh (KV Mechelen), dan Shayne Pattynama (Viking FK). Sama seperti pemain juniornya, ketiga pemain senior tersebut juga dinaturalisasi atas keinginan Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun bedanya, proses naturalisasi untuk pemain senior tadi sudah selesai alias rampung. Ketiganya sudah boleh membela di berbagai even internasional. Akan tetapi, bagi tiga pemain junior tadi belum.

Kabarnya, proses naturalisasi Justin Hubner dkk tinggal menunggu sidang DPR RI. Sebab sebelumnya berkas naturalisasi tersebut sudah ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo.

Namun sayangnya, di tengah menunggu proses naturalisasi tersebut, salah satu pemain yakni Justin Hubner justru mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Belanda U-20. Sebelumnya, Justin memang sempat bermain untuk Belanda U-19. Namun tak ada yang menyangka jika dirinya kembali dipanggil di saat proses naturalisasi tengah berjalan.

Atas hal itu, sang pemain angkat bicara. Kepada media asal Indonesia, Justin Hubner mengklarifikasinya.

“Ya, saya mendapat panggilan dari Timnas U-20 Belanda untuk melawan Prancis,” papar Justin.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Seleksinya akan diumumkan segera dan [pemusatan latihan] akan dimulai pada akhir Maret,” tambah pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu.

Mirisnya, ketika ditanyai perihal proses naturalisasinya, Justin menggelengkan kepala. Ia mengaku tak tahu semenjak Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan lengser dari jabatannya.

“Untuk saat ini saya tidak tahu [soal proses naturalisasi] karena Ketua Umum yang baru dan lainnya,” katanya lagi.

Terkait apakah dirinya akan menerima pinangan Timnas Belanda U-20 lalu mengabaikan proses naturalisasi tersebut, Justin menjawab belum jelas.

“Belum jelas bagi saya apa yang akan terjadi ke depannya, untuk sekarang saya akan lihat bagaimana ini akan berlanjut,” ujarnya memungkasi.

Meski ada akhirnya nanti Justin ikut serta dalam laga persahabatan Timnas Belanda U-20 itu, namun proses naturalisasi tetap akan berjalan selama pemain yang bersangkutan tetap mengkhendakinya. Sebab laga Belanda Vs Prancis tersebut hanyalah sebuah laga uji coba semata.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments