Timnas Indonesia

Begini Kata STY soal Turkmenistan U-23 yang Punya Waktu Istirahat Lebih Lama



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong memberikan komentarnya terkait waktu istirahat yang lebih banyak bagi skuad Turkmenistan U-23 sebelum anak asuhnya berduel dengan mereka.

Diketahui, skuad Garuda muda baru saja berjumpa dengan Timnas Taiwan U-23 di fase grup Kualifikasi 2024. Keduanya berhadapan pada malam hari tadi di Stadion Manahan Solo Jawa Tengah.

Di laga tersebut, anak asuh Shin Tae-yong itu mengamuk dengan mencetak sembilan gol tanpa balas. Gol-gol tersebut dihasilkan dari kaki Marselino Ferdinan sebanyak dua kali (brace), sisanya masing-masing dibuat oleh Elkan Baggott, Pratama Arhan, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, dan Rio Fahmi.

Setelah kemenangan tersebut, skuad Garuda muda akan berjumpa dengan Timnas Turkmenistan U-23 di partai penentu. Laga tersebut akan dimainkan pada Selasa (12/9) mendatang. Di atas kertas, skuad Garuda diunggulkan untuk memenangkan pertandingan. Bahkan, cukup dengan hasil imbang saja, maka Marselino Ferdinan dkk akan membuat sejarah dengan tampil untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia U-23. Sebelumnya, Turkmenistan U-23 hanya menang dengan skor akhir 4-0 atas Taiwan U-23. Sedangkan skuad Garuda unggul dengan selisih gol jauh lebih banyak dibandingkan dengan kemenangan yang sudah diraih calon lawannya itu.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan U23 usai Dipulangkan Indonesia dari Piala Asia U23

Namun demikian, jelang laga penentu tersebut, tim lawan Turkmenistan U-23 mendapat keuntungan dari segi istirahat. Ya, laga Indonesia U-23 vs Turkmenistan U-23 akan dimainkan pada tanggal 12 September mendatang. Sementara itu, laga terakhir yang dimainkan Turkmenistan U-23 terjadi pada tanggal 6. Sedangkan Indonesia bermain pada kemarin malam – tepatnya tanggal 9.

Jadi, dari tanggal 6 sampai tanggal 12 – berikut dengan tanggal 9 sampai 12, skuad Turkmenistan U-23 mendapat jatah istirahat selama enam hari. Sedangkan U-23 cuma tiga hari saja. Dari segi kekuatan fisik, Timnas Turkmenistan U-23 jelas lebih fit dibanding anak asuh Shin Tae-yong itu.

Hal tersebut pun juga menjadi perhatian dari sang pelatih sendiri. Semalam, pasca membantai Timnas Taiwan U-23, STY mengungkit jatah istirahat sang lawan yang lebih banyak itu.

“Saya ingin berikan tepuk tangan kepada para pemain. Baik dalam kerja keras dalam laga tadi. Dengan skor hari ini menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia berkembang lebih baik dari sebelumnya,” buka Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Piala Asia U23: Lewat Drama Adu Penalti, STY Pulangkan Negara Sendiri

“Saya ucapkan terima kasih sudah kerja keras semuanya. Memang saya memberikan motivasi ke pemain (bahwa) kita pasti bisa,” kata STY menambahkan.

“Laga ini kita yakin bisa menang, saya tegaskan jangan pernah lengah terhadap lawan mau itu kuat atau lemah.”

Bola itu bundar. Saya tegaskan terus-terusan saat latihan dan meeting kita tetap harus fokus 100 persen.”

“Memang karena mereka tandingnya tanggal 6 kemudian tanggal 12, jadi cukup banyak waktu istirahat. Apalagi pasti akan bisa adaptasi dengan cauca juga. Memang tidak mudah,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid