Timnas Indonesia

Elkan Baggott : Indonesia Nggak Terkenal Tapi Sepakbolanya Gila!



Elkan Baggott : Indonesia Nggak Terkenal Tapi Sepakbolanya Gila!
Elkan Baggott bersama klub barunya, Gillingham FC

NOBARTV NEWS – Pemain , Elkan Baggott baru saja melakukan wawancara dengan klub barunya, Gillingham FC. Dalam sesi wawancara tersebut, Elkan menyampaikan pandangannya tentang negara yang kini dibelanya, Timnas Indonesia. Bagi Elkan, Indonesia adalah negara yang ‘gila' dengan sepak bola.

Elkan Baggott memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Sedangkan ayahnya adalah seorang pria asal Inggris. Menariknya, Baggott lahir di Bangkok, Thailand ketika sang ayah melakukan pekerjaannya di sana. Elkan sebetulnya memiliki kans untuk membela Thailand. Federasi sepakbola Thailand pun pernah menawarkan kepadanya untuk menjadi bagian dari skuad Gajah Perang (julukan Timnas Thailand). Namun hati Baggott terpaut kepada negara kelahiran ibunya, Indonesia.

Baru-baru ini, Gillingham FC meminjam jasa Elkan Baggott dari Ipswich Town. Ipswich dengan ikhlas melepas sang pemain. Elkan pun menyambut peminjaman dirinya dengan antusias. Elkan sadar jika dirinya mendekam di Ipswich saat ini, ia tidak akan mendapatkan menit bermain yang banyak karena persaingan dan jam terbang rendah yang dimilikinya. Sehingga, dengan keputusan tiga belah pihak, Elkan meninggalkan Ipswich selama satu tahun untuk masa peminjaman.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Untuk diketahui, Ipswich Town berlaga di kompetisi League One atau kasta ketiga sedangkan Gillingham FC bermain satu tingkat di bawahnya yakni League Two.

Elkan menyampaikan pandangannya tentang Indonesia. Menurutnya, Indonesia tidak terkenal, namun negara ini memiliki basis suporter yang luar biasa.

“Indonesia bukan negara yang populer di sepak bola internasional. Tapi tidak banyak orang yang tahu betapa semangat dan suportifnya suporter [Indonesia] di luar sana,” ujar Elkan Baggott kepada Gillingham FC.

“Saya sangat suka bermain dan mewakili negara saya [Indonesia]. Ibu saya dari Indonesia dan bermain untuk tim nasional adalah sesuatu yang selalu saya inginkan. Saya ingin mewakili negara ibu saya. Ketika kesempatan itu datang, saya menerimanya dengan kedua tangan,” ujarnya menambahkan.

Sejak resmi menyandang status sebagai WNI, Elkan selalu dipanggil untuk membela Timnas Indonesia. Elkan tampil di 2020 dan berhasil mencetak satu gol. Ia juga menjadi salah satu skuad inti Timnas Indonesia ketika bermain di babak .

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Menariknya, Elkan berhasil mencetak satu gol di laga pamungkasnya melawan Timnas Nepal. Kebahagiaan Elkan tidak berhenti sampai di situ saja. Sebab Indonesia akhirnya lolos ke Piala Asia 2023 tahun depan. Elkan pun hampir dipastikan turut tampil di event sepak bola terbesar se-Asia itu.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid