Timnas Indonesia

PSSI Tunjuk Bima Sakti sebagai Pelatih Indonesia di Piala Dunia U-17



NOBARTV NEWS – Lewat sebuah konferensi persnya kemarin, PSSI memastikan U-17 akan ditukangi oleh Bima Sakti dalam ajang 2023.

Sebagaimana diketahui, FIFA akhirnya memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah untuk even bertaraf internasional yaitu Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah untuk ajang 2023.

Namun sayangnya, beberapa hari menjelang drawing untuk ajang Piala Dunia U-20 tersebut, gelombang protes terkait kedatangan salah satu kontestan yaitu Timnas Israel menggema di tanah air. Ya, dimulai dari organisasi kemasyarakatan hingga beberapa kepala daerah setingkat gubernur ramai-ramai menolak kedatangan perwakilan Eropa untuk Piala Dunia U-20 itu.

Alhasil, kurang dari dua bulan menjelang kick off Piala Dunia U-20 2023, FIFA mencabut hak Indonesia sebagai tuan rumah. FIFA menganggap Indonesia belum siap menyelenggarakan even tersebut karena tidak bisa memberikan jaminan keamanan bagi kontestan yang akan berlaga. Tak hanya itu saja, FIFA juga memberikan sanksi administratif berupa pembekuan dana FIFA Forward kepada PSSI.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Tapi beruntungnya bagi Indonesia, gagal bermain di Piala Dunia U-20 – namun kini mereka ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Dalam hal ini, ditetapkannya Indonesia sebagai tuan rumah tak lepas dari dicabutnya status Peru sebagai tuan rumah. Peru awalnya ditunjuk sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Akan tetapi FIFA mencabutnya karena Peru sedang mengalami krisis ekonomi. Oleh karenanya, mereka gagal mempersiapkan diri baik dari segi infrastruktur dan lain sebagainya sehingga FIFA membatalkan status tersebut.

Mengingat status Piala Dunia U-17 adalah sebuah even yang cukup besar dan penting, pada hari kemarin, PSSI melakukan konferensi pers terkait pelatih yang akan menukangi skuad Garuda Asia tersebut. Perlu diketahui, sebelumnya skuad Timnas Indonesia U-17 dinakhodai oleh Bima Sakti. Dan ternyata, pelatih yang sempat menjadi asisten Indra Sjafri di SEA Games 2023 kemarin itu dipastikan tetap menukangi Timnas Indonesia U-17 – termasuk untuk Piala Dunia U-17 nanti.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kami akan memberikan kesempatan kepada Coach Bima Sakti, dan nanti kami akan diskusikan di (level) Exco, pasti ada pendamping karena ini kejuaraan dunia,” kata Erick dalam jumpa persnya Sabtu kemarin.

“Kita perlu coach-coach muda. Di kepengurusan Shin Tae-yong itu ada Coach Nova (Arianto) dan coach-coach baru, di kepengurusan Indra juga ada Coach Kurniawan,” ujarnya menambahkan.

“Kami akan mengirimkan tim terbaik, siapa pun mereka. Itu kenapa kami akan seleksi (pemain) di sembilan kota, kenapa kita latihan di Eropa, ya kami ingin membuat tim terbaik. Kapan lagi kita main di Piala Dunia,” pungkas eks Presiden Inter Milan tersebut.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment