Timnas Indonesia

Cerita Masa Lalu Jordi Amat di La Liga Bikin Sandy Walsh Kesal



NOBARTV NEWS – Sandy Walsh bercerita pengalamannya satu kamar dengan Jordi Amat ketika sama-sama memperkuat . Kata Sandy, kompatriotnya di lini belakang skuad Garuda itu membuatnya kesal lantaran sering bercerita soal masa lalunya waktu masih bermain di La Liga.

Jordi Amat dan Sandy Walsh adalah dua pemain naturalisasi – yang pada tahun lalu resmi menjadi pemain Timnas Indonesia. Lewat berbagai proses demi proses yang dijalani keduanya, bertempat di Kantor Kementerian Hukum dan HAM RI, Sandy dan Jordi akhirnya menyandang status WNI.

Sayangnya, saat itu, begitu proses naturalisasi tersebut rampung, salah satu dari keduanya tak bisa memperkuat Timnas Indonesia. Adalah Sandy Walsh, pemain yang kini berkarier untuk klub Belgia KV Mechelen itu mengalami berbagai persoalan sehingga dirinya terpaksa gagal menjalankan debutnya berulang kali.

Di 2022 lalu, Sandy gagal tampil karena KV Mechelen tidak memberikannya izin tampil di ajang yang tak masuk dalam kalender resmi FIFA. Berbeda halnya dengan Jordi Amat yang langsung mendapat kesempatan debutnya di turnamen tersebut.

Adapun di FIFA Matchday Maret lalu, Sandy mengalami cedera sehingga dirinya melewatkan dua pertandingan penting melawan Timnas Burundi. Mirisnya lagi, ketika dirinya sudah berada di Indonesia dan siap untuk menjalani debutnya pada FIFA Matchday Juni 2023, Sandy Walsh ‘lagi-lagi' cedera di tengah pemusatan latihan. Padahal, FIFA Matchday Juni merupakan salah satu laga seru yang dimainkan skuad Garuda sejauh ini karena anak asuh Shin Tae-yong itu berhadapan dengan Timnas Palestina dan juara Argentina.

Hingga akhirnya, pada bulan September lalu, Sandy mencatatkan debutnya tatkala skuad Garuda menjamu Timnas Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. Penampilan kedua serta ketiganya dengan skuad Garuda kembali ia torehkan beberapa saat kemudian ketika skuad Timnas Indonesia berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam dua leg 2026 ronde pertama zona Asia.

Kini, Sandy Walsh tercatat sudah mencatatkan tiga caps bersama Timnas Indonesia. Walaupun demikian, tiga laga bersama Indonesia tentunya amat sangat berharga bagi dirinya setelah menunggu lebih dari lima tahun lamanya untuk berseragam merah putih. Namun menariknya, ada kejadian lucu yang diceritakan Sandy tiap kali pulang ke Indonesia untuk memperkuat skuad Garuda.

Cerita Masa Lalu Jordi Amat di La Liga Bikin Sandy Walsh Kesal
Jordi Amat vs Cristiano Ronaldo ketika sama-sama bermain di La Liga

Kejadian lucu itu terjadi ketika Sandy sering berbagi kamar dengan rekan setimnya Jordi Amat. Ya, tiap kali keduanya mendapat panggilan, Sandy dan Jordi hampir pasti berada di kamar yang sama. Dan di saat itu, Sandy sering dibuat kesal lantaran Jordi tidak pernah bosan untuk menceritakan masa kejayaannya ketika tampil di La Liga.

Ya, kala itu, Jordi Amat yang berstatus sebagai pemain Espanyol mendapatkan kesempatan untuk melawan para pemain bintang dunia seperti Sergio Ramos, Carles Puyol, hingga dua pemain mega bintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Bagi sebagian orang – termasuk Jordi Amat, melawan dua pemain tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Oleh karenanya, ia sering menceritakannya kepada rekan setimnya yakni Sandy Walsh ketika keduanya berada di kamar yang sama. Namun Sandy yang terlalu sering mendengar cerita dari Amat lambat laun merasa kesal dan jenuh.

“Setiap saat. Ia selalu bercerita bermain dalam satu pertandingan dengan Ronaldo dan Messi. Tentang pengalamannya bermain di La Liga,” cerita Sandy Walsh.

Biasanya, kalau sudah bosan seperti itu, Sandy akan berpura-pura ingin tidur demi menghentikan cerita dari rekannya tersebut.

“Iya Jordi. Iya… Ssst, saya mau tidur,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid