Timnas Indonesia

Serba Serbi Piala AFF U-19 : Julukan Hingga Tim Tersukses Sepanjang Sejarah

TOPIK BERITA :


Serba Serbi Piala AFF U-19 : Julukan Hingga Tim Tersukses Sepanjang Sejarah
Skuad U-19 di U-19

NOBARTV NEWS – Tahukah anda, jika Piala AFF U-19 kali ini merupakan turnamen edisi ke-18 sepanjang sejarah. Dan ternyata, meski disebut AFF (anggota federasi sepakbola ASEAN), namun ternyata turnamen ini pernah diikuti oleh tim di luar ASEAN seperti Timnas Korea Selatan, Jepang, hingga Iran.

Mengutip dari lama Wikipedia, “Piala AFF U-19 atau Kejuaraan Remaja U-19 AFF adalah sebuah kejuaraan sepak bola internasional tahunan yang diperebutkan oleh tim nasional anggota Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) dan kadang-kadang mengundang negara-negara dari seluruh Asia.”

Jadi, turnamen ini dikhususkan untuk mencari bibit muda di wilayah ASEAN (Asia Tenggara). Sehingga terkadang AFF mengundang beberapa tim hebat dari belahan benua Asia lainnya. Seperti contoh yang pernah disebutkan di atas. Kita semua tahu kalau Iran, Jepang, hingga Korea Selatan merupakan tiga tim terbaik di benua Asia – bahkan selalu menjadi tim langganan Piala Dunia untuk tim seniornya.

Baca Juga:  Skuad Garuda Hadapi Guinea di Play Off Olimpiade Paris 2024

Sejauh ini, Timnas Thailand U-19 dan Australia U-19 menjadi tim tersukses dengan masing-masing mengoleksi 5 trofi Piala AFF U-19. Di posisi kedua Timnas Myanmar dengan dua trofi. Setelah itu ada Vietnam, Indonesia, Malaysia, Iran, dan Jepang dengan masing-masing satu trofi.

Timnas Indonesia meraih trofi ketika Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 2013 lalu. Saat itu, Timnas U-19 diperkuat oleh nama-nama tenar di masanya seperti Muhammad Hargianto, Zulfiandi, Ravi Murdianto, hingga Evan Dimas Darmono. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menjadi pelatih Timnas U-19 saat itu.

Lewat babak adu penalti, Timnas U-19 berhasil mengalahkan Timnas Vietnam. Di saat itu pula, Evan Dimas Darmono menjadi top skor kedua dengan torehan 5 gol. Evan kalah jumlah gol oleh pemain Vietnam, Nguyen Van Toan.

Di edisi kali ini (Piala AFF U-19), Indonesia kembali bertindak sebagai tuan rumah. Terbagi menjadi dua grup, Indonesia berada di grup A dengan Timnas Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunai Darussalam, dan Filipina.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Sedangkan di grup B, Timnas Malaysia tergabung dengan Laos, Kamboja, Timor-Leste, dan Singapura.

Julukan Timnas yang Berlaga di Piala AFF U-19

Kita sering mendengar sebutan ‘Garuda Muda' ketika menyebut timnas muda Indonesia. Sebutan tersebut sudah identik dan melekat – sehingga menjadikan julukan tersebut sebagai identitas Timnas Indonesia. Begitupun dengan tim-tim lain yang berlaga di Piala AFF U-19. Semuanya memiliki julukannya masing-masing. Seperti apa julukan yang disematkan kepada mereka?

Dilansir dari bola.net, berikut julukan tim-tim Asia Tenggara yang berlaga di Piala AFF U-19 :

Timnas Indonesia: Tim Garuda, Merah Putih

Timnas Myanmar: The Whie Angels

Timnas Thailand: The War Elephants

Timnas Vietnam: The Goden Star Warriors

Timnas Filipina: The Azkals

Timnas Brunei Darussalam: Tebuan / Tawon

Timnas Kamboja: Kouprey Kampuchea

Timnas Laos: Thim Xad / The National Team

Timnas Malaysia: Harimau Malaya

Timnas Singapura: The Lions

Timnas Timor Leste: O Sol Nescente / The Rising Sun

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid