Timnas Indonesia

Sepak Terjang Skuad Garuda di Piala AFF Jadi Konsumsi Media Korea Selatan



NOBARTV NEWS – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, 2022 menjadi satu-satunya turnamen yang diikuti oleh tiga pelatih asal Korea Selatan. Namun di antara 10 kontestan yang mengikuti even tersebut, hanya Indonesia yang memiliki pelatih asal Korea dan pemain yang berkarir di K League 2. Gara-gara itu, sepak terjang di Piala AFF 2022 ini mendapatkan sorotan dari berbagai media Korea Selatan.

Dikabarkan, salah stasiun televisi swasta Korea Selatan SBS Sports menayangkan laga Piala AFF 2022. Hanya saja, pertandingan yang ditayangkan SBS Sports hanya pertandingan yang dilakoni oleh tiga negara saja. Ketiga negara tersebut adalah Timnas Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Sebagaimana diketahui, ketiga negara tersebut dinakhodai oleh tiga pelatih asal Korea. Mereka adalah Park Hang-seo (Vietnam), Kim Pan-gon (Malaysia), dan Shin Tae-yong (Indonesia).

Hal yang dilakukan (menyiarkan Piala AFF) SBS bukan di even kali ini saja. Mereka sudah rutin menyiarkan Piala AFF sejak Park Hang-seo menukangi Timnas Vietnam pada tahun 2017 lalu. Bahkan tak hanya di stasiun televisinya saja, SBS juga menayangkan even tersebut di kanal youtube-nya.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Nah, hal yang membuat lebih istimewa lagi adalah adanya salah satu pemain yang berkarir di Korea Selatan yakni Asnawi Mangkualam Bahar. Seperti yang diketahui, Asnawi ikut serta di turnamen ini. Kehadiran Asnawi dan Shin Tae-yong membuat skuad Garuda Indonesia lebih disorot oleh media asal negeri Ginseng itu.

Setidaknya, ada tiga media Korea Selatan yang langsung menerbitkan artikelnya setelah laga perdana Timnas Indonesia melawan Kamboja di Piala AFF kemarin. Ketiga media tersebut adalah Yonhap News Agency, Chosun, dan Donga.

“Shin Tae Yong Indonesia, Menang atas Honda Kamboja untuk Kali Pertama,” judul artikel yang ditulis Yonhap News Agency.

“Shin Tae Yong Indonesia Mengalahkan Kamboja yang Dipimpin Honda 2-1,” bunyi artikel lainnya yang diterbitkan Chosun.

“Shin Tae Yong Membawa Indonesia Menang 2-1 atas Kamboja yang Dipimpin Honda dari Jepang,” terang media Korea Selatan Donga.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Untuk diketahui, Honda adalah manajer Timnas Kamboja dari Jepang. Ia merupakan legenda hidup Timnas Jepang yang sudah malang melintang sebagai pesepakbola sebelum terjun ke dunia kepelatihan.

Bahkan, laman resmi Selatan juga ikut menurunkan artikel terkait penampilan Asnawi di laga tersebut.

“Asnawi memulai di bek kanan dalam empat bek dengan bos Indonesia Shin Tae-yong memilih 4-2-3-1 dan bahkan memberikan assist atau pra-assist kedua yang berarti dia memasok bola terakhir sebelum assist untuk gol Egy Maulana di menit ketujuh,” tulis K League.

“Memonopoli garis tepi, Asnawi menampilkan permainan sayap yang gigih untuk menggerakkan bola ke atas sayap, mengalahkan satu pemain bertahan, sebelum melakukan umpan silang,” lanjut pernyataan K League.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments