Intermezzo

Serius Benahi Wasit Indonesia, PSSI Ingin Datangkan Pierluigi Collina



NOBARTV NEWS – PSSI benar-benar serius untuk membenahi persepakbolaan tanah air. Setelah melakukan kerjasama dengan JFA (Federasi Sepakbola Jepang) terkait sistem perwasitan Liga 1, PSSI kini berencana untuk mendatangkan Pierluigi Collina, salah satu mantan wasit legendaris dunia.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis 22 Juni kemarin, PSSI yang dihadiri oleh Ketua Umum Erick Thohir, kedua wakilnya Zainudin Amali dan Ratu Tisha, serta anggota Exco PSSI Arya Sinulingga melakukan sebuah konferensi pers pertamanya usai melawan Argentina kemarin.

Dalam sesi konferensi pers tersebut, PSSI membahas perihal pihaknya yang baru saja melakukan seleksi terhadap ratusan wasit yang akan memimpin Liga 1 musim 2023-2024 mendatang. Di seleksi tersebut, hanya 18 wasit yang lolos seleksi untuk memimpin pertandingan Liga Indonesia.

Dan setelah seleksi tersebut dilakukan, PSSI berencana untuk mendatangkan instruktur wasit FIFA Pierluigi Collina. Pierluigi merupakan wasit legendaris yang kini menjabat sebagai instruktur wasit FIFA. Di masanya, Pierluigi terkenal dengan kepala plontos dan ketegasannya dalam memimpin pertandingan.

Erick pun berharap wasit legendaris tersebut datang ke Indonesia guna menemui wasit-wasit di Indonesia.

“Saya mendorong FIFA mengirimkan wasit Collina ya, instruktur dari FIFA untuk datang ke indonesia agar ketemu para wasit juga,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers PSSI tersebut.

Kedatangan Pierluigi Collina pun tak semata-mata hanya untuk bertemu saja. Erick ingin sang instruktur juga menemui para wasit untuk memberikan semangat dalam menjalankan tugasnya. Sebelumnya, PSSI sudah mendatangkan eks pemain kelas dunia seperti Roberto Carlos hingga Juan Sebastian Veron.

“Supaya memberikan semangat juga. Jadi bukan hanya Roberto Carlos, Juan Sebastian veron, wasitnya pun perlu semangat,” katanya menambahkan.

Saat ini, Pierluigi Collina menjabat sebagai Ketua Komite Wasit FIFA dan UEFA. Dan untuk mendatangkan Pierluigi, Erick menyebut PSSI melalui Sekretaris Jenderal Yunus Nusi telah berkirim surat ke FIFA.

“Suratnya sudah dikirim Pak Sekjen (Yunus Nusi). Itu agar wasit bisa punya kewibawaan dan kepercayaan diri. Karena mereka juga manusia biasa yang perlu perhatian dan butuh fondasi untuk kehidupan mereka,” ujarnya memungkasi.

Terkait 18 wasit yang dinyatakan lolos sebagai pemimpin pertandingan Liga 1 musim 2023-2024, berikut daftar lengkapnya!

Thoriq M Alkatiri – Bandung

Yudi Nurcahya – Bandung

Choirudin – Bantul

Naufal Adya Fairuski – Bandung

Zetman Pangaribuan – Jakarta Pusat

Armyn Dwi Suryathin – Lubuklinggau

Heru Cahyono – Jakarta Selatan

Abdul Aziz – Ciamis

Bangkit Sanjaya – Lampung Timur

Nendi Rohaendi – Bandung

Agus Fauzan Arifin – Sleman

Aidil Azmi – Banda Aceh

Gedion Dapaherang – Jakarta Timur

Ginanjar Rahman Latief – Kab. Bandung

M Erfan Efendi – Surabaya

Asep Yandis – Karawang

Ryan Nanda Saputra – Bandung

Rio Putra Permana – Pekan Baru

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment