Timnas Indonesia

Bakal Ditinggal 12 Pemainnya ke TC Timnas Indonesia, Persija Jakarta Angkat Suara



NOBARTV NEWS – Persija bakal kehilangan 12 pemainnya di waktu bersamaan. Hal itu membuat tim ibu kota angkat bicara.

Sebagaimana diketahui, di waktu berdekatan ini, akan berlaga di ajang FIFA Matchday 2023. Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan menjamu tim asal Afrika Timnas Burundi. Laga tersebut akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan bakal dipertandingkan sebanyak dua kali.

Untuk itu, Shin Tae-yong sudah memanggil 28 pemain untuk mengikuti TC. Rencananya, TC tersebut akan dimulai pada tanggal 20 Maret mendatang. Dalam daftar 28 pemain yang telah dipanggil itu, 6 di antaranya merupakan punggawa Persija Jakarta. Mereka adalah Riko Simanjuntak, Hansamu Yama, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Muhammad Ferarri, dan Dony Tri Pamungkas.

Sementara itu, di waktu yang berdekatan, PSSI juga telah memanggil 29 pemain Garuda muda sebagai persiapan jelang 2023. Dan lucunya, pemusatan latihan untuk Garuda muda akan dilakukan bersamaan dengan Timnas senior tadi. Dan yang tak disangka-sangka juga, Persija kembali harus melepas 6 pemainnya. Ya, 6 pemain muda Macan Kemayoran bakal dipanggil untuk mengikuti TC tersebut. Enam pemain muda Macan Kemayoran tersebut adalah Cahya Supriadi, Frengky Missa, Alfriyanto Nico, Achmad Maulana Syarif, Resa Aditya, dan Ginanjar Wahyu.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Sehingga bisa dipastikan di waktu yang bersamaan, Persija harus kehilangan 12 pemainnya sekaligus sejak tanggal 20 Maret tersebut. Hal itu membuat Wakil Presiden Persija Ganesha Putera angkat suara.

Kata Ganesha, timnya bisa dirugikan jika Persija kehilangan sampai 12 pemain. Terlebih Macan Kemayoran akan tetap memainkan laga di saat kalender FIFA Matchday tersebut. Pada tanggal 28 Maret atau hari pertandingan Timnas Indonesia melawan Burundi, Persija juga akan memainkan laga tandangnya ke markas Persita Tangerang.

“Jadi berdasarkan dua surat pemanggilan dan pembicaraan lisan ini, artinya sangat clear bahwa dari periode tanggal 20 sampai tanggal 29 Maret di mana kita punya satu pertandingan melawan Persita Tangerang kita akan bermain tanpa 12 pemain. Sekali lagi saya garis bawahi 12 pemain,” kata Ganesha Kamis (16/03) kemarin.

“Kemudian apabila yang komunikasi lisan itu terealisasi artinya pertanggal 29 sampai dengan kompetisi selesai Persija akan bermain tanpa 12 pemain,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Jadi ini situasi yang muncul ada dua problem, yang pertama adalah tentunya adanya pertandingan tanggal 28 antara Persita menghadapi Persija yang berlangsung dalam FIFA matchday, ini problem pertama,” jelas Ganesha lagi.

“Saya tidak berbicara ini salah siapa, salah siapa. Ini hanya berbicara faktanya. Jadi ada pertandingan yang berlangsung di FIFA Matchday yaitu tanggal 28 Maret.”

“Problem kedua, ini mungkin sudah sering kita bicarakan terkait adanya pemanggilan pemain di luar FIFA Matvhday baik dengan pemain U-20 dengan pemain U-23,” kata Ganesha lagi.

“Sekarang yang menjadi pertanyaan teman-teman yakni bagaimana sikap Persija, tentunya nomor satu kami harus menyampaikan bahwa apa yang saya sampaikan di sini seperti problemnya Persija, tetapi tidak ini sebenarnya problem sepak bola Indonesia,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid