Timnas Indonesia

Indra Sjafri Bereksperimen, Fajar Fathurrahman Jadi Menggila

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Eksperimen yang dilakukan Indra Sjafri kepada bek sayap Fajar Fathurrahman membuahkan hasil. Dalam tiga pertandingan awal di SEA Games 2023, pemain milik Borneo FC itu sudah mencatatkan namanya di papan skor sebanyak 4 kali.

Sebagaimana diketahui, pada pagelaran SEA Games tahun ini, skuad Garuda yang dipimpin oleh Indra Sjafri tergabung dalam grup A bersama empat tim lainnya. Keempat tim tersebut adalah Timnas Kamboja U-22, Timnas Timor-Leste U-22, Timnas Filipina U-22, dan terakhir Timnas Myanmar U-22.

Dalam empat pertandingan yang dijadwalkan, skuad Garuda sudah memainkan tiga laga. Tiga laga awal tersebut bertemu dengan Timnas Filipina U-22 (29/04), Timnas Myanmar U-22 (04/05), dan terakhir Timnas Timor-Leste U-22 (07/05).

Menariknya, dalam tiga laga awalnya itu, skuad Garuda Indonesia selalu meraih kemenangan. Tiga kemenangan itu juga membuat mereka memastikan diri lolos ke babak semifinal meskipun masih menyisakan satu pertandingan sisa yaitu melawan Timnas Kamboja U-22.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Akan tetapi, hal yang jauh lebih menarik adalah dalam tiga kemenangan yang disebutkan di atas, gawang Timnas Indonesia U-22 masih perawan alias belum pernah dibobol sama sekali. Kerapatan lini belakang sebanding dengan ganasnya di lini depan. Dari tiga pertandingan itu, Marselino Ferdinan dkk sudah mengemas total 11 gol. Tiga gol ke gawang Timnas Filipina U-22, lima gol ke jala gawang anak asuh Michael Feichtenbeiner (pelatih Timnas Myanmar U-22), dan terbaru tiba biji gol ke gawang Timnas Timor Leste U-22.

Dalam total 11 gol itu, Fajar Fathurrahman menjadi pemain yang paling banyak berkontribusi. Ia membuat empat gol dalam tiga pertandingan. Disusul dengan Ramadhan Sananta (3), Marselino Ferdinan (2), Irfan Jauhari (1) dan Titan Agung (1).

Namun siapa sangka, ternyata, sang pencetak gol terbanyak itu adalah pemain yang berposisi bukan sebagai striker. Jadi, posisi asli Fajar adalah sebagai bek sayap kiri. Namun di SEA Games 2023 ini, sang pelatih Indra Sjafri melakukan eksperimen dengan memasang Fajar sebagai seorang sayap (winger).

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dan ternyata, ekperimen yang dilakukan eks pelatih Bali United itu terbukti manjur. Fajar jadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang selalu mencetak gol di tiga laga awal SEA Games tahun ini. Kegemilangan Fajar membuat Indra terkejut.

“Khusus Fajar, kalau enggak salah dia sampai hari ini top skorer ya, top skorer SEA Games, dan surprise saya bereksperimen menempatkan dia dari fullback kanan sama pindahkan ke winger, dan hasilnya cukup surprise untuk saya,” kata Indra Sjafri dilansir dari laman resmi PSSI.

Lebih lanjut, Indra meminta Fajar untuk tidak berpuas diri dulu. Masih ada beberapa laga penting yang akan dihadapi skuad Garuda di depan.

“Tentu terima kasih untuk Fajar dan saya minta jangan berpuas diri. Pergunakan kesempatan ini untuk bisa lebih berkontribusi nanti di semifinal dan final,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid