Timnas Indonesia

Shayne Pattynama Kurang Maksimal di Laga Perdana, Erick Thohir Membela

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Penampilan Shayne Pattynama dianggap kurang memuaskan tatkala tampil membela di ajang FIFA Matchday beberapa hari lalu. Ketua Umum PSSI Erick Thohir membela pemain yang baru saja menjalani debutnya tersebut.

Sebagaimana diketahui, dalam FIFA Matchday Juni ini, Shin Tae-yong memanggil banyak sekali pemain naturalisasi. Baik itu pemain naturalisasi yang berkarier di dalam hingga di luar negeri. Para pemain naturalisasi dalam negeri seperti Marc Anthony Klok hingga Stefano Lilipaly. Adapula pemain naturalisasi sekaligus abroad macam Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner hingga Rafael Struick.

Namun sayangnya, tak semua pemain naturalisasi tersebut bernasib baik. Ada yang sama sekali tak dimainkan, ada yang mendapatkan debutnya bersama skuad Garuda, ada yang tampil reguler, dan adapula yang main tapi tidak memberikan efek positif di dalam lapangan.

Pemain yang sama sekali tak diturunkan di dua laga melawan Palestina dan Argentina tersebut adalah Sandy Walsh dan Stefano Lilipaly. Untuk Sandy Walsh, pemain KV Mechelen itu tak bisa bermain lantaran ia masih dalam proses pemulihan cedera. Sedangkan Stefano Lilipaly, meskipun dirinya fit dan siap untuk bertanding, namun pemain Borneo FC ini tak diturunkan sama sekali.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Sementara itu, pemain naturalisasi yang cukup menjanjikan jatuh pada nama Jordi Amat. Walaupun ia hanya tampil di pertandingan melawan Argentina saja, namun eks pemain Swansea City dan Rayo Vallecano ini mampu membendung lini bertahan skuad Garuda – walaupun di laga tersebut mereka menelan kekalahan.

Adapula pemain naturalisasi yang cukup menjanjikan di laga debutnya tersebut. Pemain yang dimaksud adalah Ivar Jenner dan Rafael Struick. Meskipun masih muda dan baru pertama kali tampil dengan Timnas senior Indonesia, kedua pemain yang berkarier di Liga 2 Belanda itu memberikan performa yang sangat positif.

Satu-satunya pemain abroad naturalisasi yang tampil dan memberikan penampilan kurang memuaskan adalah Shayne Pattynama. Di laga melawan Timnas Argentina, pemain Viking FK itu hanya bermain selama satu babak saja. Performa yang kurang baik dari eks pemain SC Telstar itu membuat dirinya ditarik keluar begitu babak kedua melawan Argentina.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Performa sang pemain pun disorot tidak hanya oleh pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saja. Netizen Indonesia yang turut menyaksikan laga tersebut menyebut permainan Pattynama kurang memuaskan – bahkan tak sedikit yang bilang sang pemain tidak sesuai harapan.

Walaupun demikian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membela sang pemain.

“Ya Alhamdulillah kalau dari 11 pemain tim hampir semua bisa main di Eropa, ya berarti naik kelas. Kan kita ada Marselino yang main di sana (Eropa). Ada Pratama Arhan dan Asnawi yang main di Jepang dan Korea Selatan,” kata Erick Thohir membuka percakapan.

“Ada beberapa yang senior juga Sandy Walsh dan Shayne Pattynama. Ada beberapa yang senior juga Sandy Walsh dan Shayne Pattynama,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Untuk Shayne kemarin masih cedera sepertinya, dia baru 60 persen kemarin. Jadi jangan dibully dulu, namanya cedera. Ya kita beri kesempatan dulu kan nanti juga ada rotasi,” katanya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment